Berita Itjen

10 Satker di Lingkungan Kemenkes berpredikat WBK tahun 2018

10 Satker di Lingkungan Kemenkes berpredikat WBK tahun 2018

Bertepatan dengan momentum pelaksanaan upacara dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional, Menteri Kesehatan RI Prof.Dr.dr. Nila Farid Moeloek,Sp.M(K) memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja  yang berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Sebanyak 10 unit kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan  mendapat penghargaan mendapat penghargaan WBK.

Pada tahun 2018 sebanyak 68 Satuan Kerja yang di usulkan untuk memperoleh predikat WBK, setelah dilakukan Assesment  sebanyak 10 Satker Kementerian Kesehatan memperoleh penghargaan sebagai satker yang berpredikat WBK. Satuan kerja tersebut adalah :

  1. Politeknik Kesehatan kemenkes Jakarta I;.
  2. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palangkaraya.
  3. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Yogyakarta;
  4. Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar;
  5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang;
  6. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV Yogyakarta;
  7. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan;
  8. Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal
  9. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Jakarta;
  10. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Pinang.

Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi Satuan Kerja di Lingkungan  Kemenkes karena telah memberikan pelayanan yang cepat, tepat, profesional dan bersih dari KKN.

Untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM ada lima aspek yang dinilai. Yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja. Sedangkan predikat menuju WBBM adalah predikat yang diberikan kepada satker yang sebelumnya telah mendapat predikat menuju WBK.

Selamat kepada Satker yang berhasil memperoleh predikat WBK dan tetap terus berupaya meningkatkan pelayananan yang cepat, tepat, profesional, bebas KKN, sehingga menginspirasi Satker Kemenkes lainnya dan pada tahun 2019 untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Dan diharapkan satker yang telah memperoleh predikat WBK tersebut dapat memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 

(AAB)

Share this Post: