Berita Itjen

Auditor Adalah Bagian Dari Solusi

 Auditor Adalah Bagian Dari Solusi

“Auditor memiliki peranan penting didalam berhasil atau tidaknya sebuah program yang dijalankan Kemenkes saat ini, karena auditor adalah bagian dari penjamin, tempat dimana orang bertumpu untuk melakukan konsultasi. Auditor bukan semata-mata hanya untuk memberikan sanksi, tetapi juga bagian dari pencegahan tindakan korupsi dilingkungan Kemenkes”

Demikian disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg. Oscar Primadi, MPH dalam acara pelatikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional auditor dilingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan (1/8). Pada acara tersebut hadir sebagai saksi adalah Sekretaris Inspektorat Jenderal, Heru Arnowo, SH, MM dan Inspektur I Edward Harefa, SE, MM serta dihadiri oleh para pejabat struktural dan pegawai Inspektorat Jenderal. Sebanyak 46 orang jabatan fungsional auditor pertama dilantik pada hari ini, terdiri dari 44 orang JFA Ahli Pertama dan 2 (dua) orang JFA Terampil.

 

Dalam sambutannya Irjen menjelaskan kepada para auditor yang baru dilantik untuk selalu menegakkan prinsip dan etika Aparatur Sipil Negara. Diperlukan kehati-hatian dalam bekerja dan tidak menyalahgunakan jabatan untuk keuntungan pribadi dengan cara apapun yang akan bertentangan dengan ketentuan atau merugikan tujuan organisasi. Selain itu juga auditor bertugas untuk memastikan proses tata kelola manajemen pada organisasi dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta mampu memberikan jaminan bahwa pelaksanaan program telah memenuhi kriteria Efektif, Efisien dan Ekonomis.

“Auditor dituntut untuk senantiasa mengembangkan kompetensi, meningkatkan wawasan dan kemampuan untuk menunjang pelaksanaan tugas yang semakin kompleks sesuai dengan tuntutan organisasi” sambung Irjen

 

Pada kesempatan yang sama Irjen berharap dengan dilantiknya JFA ini dapat menjadi solusi, menjadi bagian keberhasilan dari proyek kesehatan dilingkungan Kemenkes. auditor adalah penentu, auditor adalah bagian dari solusi. Pemahaman dari segi teknologi informasi perlu ditingkatkan sehingga dapat membuat perubahan Itjen menjadi lebih baik lagi kedepannya. Irjen meyakini bahwa dengan JFA yang baru dilantik mempunyai semangat baru untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalitas auditor di lingkungan Itjen Kemenkes. (JP, AAB)

Share this Post: