Berita Itjen

Bangun Talent Management Melalui Program Pemagangan di Satker Kemenkes

Bangun Talent Management Melalui Program Pemagangan di Satker Kemenkes

Sebagai salah satu upaya peningkatan kapasitas auditor serta proyeksi untuk naik ke jenjang jabatan yang lebih tinggi, Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI mengadakan program pemagangan yang diperuntukan bagi para auditor Inspektorat Jenderal . Program Pemagangan angkatan pertama telah dilakukan selama satu bulan pada 6 satker, yaitu:  RSUP Persahabatan, RS Ketergantungan Obat, RS Penyakit Infeksi  Sulianti Saroso, RSJP Harapan Kita, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPPJakarta dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok.

Program Pemagangan ini memiliki 3 tujuan, diantaranya adalah untuk membangun pemikiran yang kritis akan lingkungan kerja, membantu memecahkan masalah pada satker yang menjadi lokus magang, serta menjadi ajang pertukaran ilmu antara auditor dan satker.

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, Murti Utami juga menyatakan bahwa program pemagangan merupakan cita-citanya untuk membangun talent management  di lingkungan Itjen Kemenkes.

Rabu (7/7) 6 (enam) orang auditor Itjen Kemenkes yang telah selesai melaksanakan program magang, diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja lapangan selama satu bulan. Kegiatan ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan beserta para Pejabat Tinggi Pratama, beserta perwakilan dari masing-masing satuan kerja yang telah dipilih sebagai tempat magang.

Laporan yang dipresentasikan oleh masing-masing auditor terdiri dari hasil inovasi yang telah dilakukan selama magang, latar belakang mereka memilih topik presentasi yang diteliti selama magang, manfaat pelaksanaan magang tersebut baik bagi satker, itjen, maupun bagi auditor itu sendiri, beserta strategi, gambaran, output, dan saran.

Kegiatan ini disambut baik oleh para lokus terpilih, dengan harapan bahwa inovasi yang te lah diciptakan bagi para peserta magang dapat membawa efek positif bagi organisasi yang dikelolanya. (JP)

Share this Post: