Berita Itjen

Entry Meeting Telaah Sejawat Pada Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Entry Meeting Telaah Sejawat Pada Inspektorat Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Jakarta (4/10), Tim Auditor Itjen Kementerian Kesehatan mulai melakukan reviu telaah sejawat ke Itjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Entry meeting kegiatan telaah sejawat di Kemen PUPR dilaksanakan di ruang rapat Inspektorat Jenderal lantai 14 gedung utama Kemen PUPR pada jam 09.00 pagi yang dihadiri oleh Inspektur Jenderal (Dr. Rildo Ananda Anwar, SH, MH) dan seluruh jajaran pimpinan eselon II (Sekretaris dan Inspektur), pejabat struktural dan auditor Itjen Kemen PUPR. Sementara dari pihak Itjen Kemenkes dihadiri oleh Inspektur II (drg. Moh Nur Nasiruddin, M.Kes) beserta tim auditor yang akan melakukan telaah sejawat.

              

Kegiatan telaah sejawat ini dilaksanakan dibawah koordinasi dan pengaturan dari Asosiasi Auditor Internal Pemerintah (AAIPI). Yang melatarbelakangi perlunya kegiatan telaah sejawat ini adalah untuk menjaga kualitas hasil audit intern yang dilaksanakan oleh auditor intern pemerintah. Dengan dilakukannya telaah sejawat ini Inspektorat Jenderal Kemen PUPR selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) akan mendapatkan saran perbaikan kinerja yang dapat memberikan nilai tambah kepada organisasi, dengan menjamin bahwa audit telah dilaksanakan oleh auditor kompeten dilengkapi pedoman kerja yang memadai. Sementara urgensi dilakukannya telaah sejawat diantaranya menjadi benchmark sebagai bukti APIP mengikuti International Best Practices, mengetahui tingkat kesesuaian aktivitas dengan standar yang berlaku, menjamin aktivitas APIP mengikuti praktek yang sesuai dengan standar AAIPI, dan sebagai bukti kepada stakeholder tentang kualitas APIP.

               

Ruang lingkup telaah sejawat pada kesesuaian standar dengan elemen-elemen yang meliputi: visi, misi, tugas, dan fungsi, penerapan praktek audit sesuai standard, komposisi pengetahuan dan keterampilan auditor, kertas kerja dan teknik uudit yang digunakan, harapan dari stakeholder, nilai tambah yang diberikan audit, proses tata kelola APIP, dan ketaatan pada regulasi. Instrumen penilaian telaah sejawat terdiri dari empat standard meliputi: Prinsip-prinsip Dasar, Standar Umum, Standar Pelaksanaan (Performance Standards), Standar Pelaksanaan Audit Intern, dan Standar Komunikasi.

Tim Auditor dari Itjen Kemenkes yang ditugaskan melakukan telaah sejawat pada Itjen Kemen PUPR adalah Irwansyah, SE, M.Kes, CFrA (sebagai pengendali teknis), Sri Susilorini, S,Sos, M.Ak (sebagai ketua tim), dan Hendro santoso, SKp, M.Kp, Sp.Kom, MH.Kes dan Oong Rusmana, SKM, M.Ak (selaku anggota tim), dengan masa penugasan selama 10 hari kerja sampai dengan tanggal 17 Oktober 2017.

 

(Kontributor: Ibas-AF)

Share this Post: