Berita Itjen

Evaluasi Pelaksanaan RB dan SAKIP Kemenkes RI oleh Kemen PAN RB tahun 2020

Evaluasi Pelaksanaan RB dan SAKIP Kemenkes RI oleh Kemen PAN RB tahun 2020

Kamis (17/9) Kementerian Kesehatan RI bersama Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia mengadakan  Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Kesehatan RI secara virtual, kegiatan menjadi agenda rutin tahunan antara  Kemenkes dengan Kemen PAN RB. Acara ini diikuti secara langsung oleh seluruh jajaran Kementerian Kesehatan selaku pelaksana RB di lingkungan Kerja masing-masing.

Pada kesempatan tersebut Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH, QGIA, memberikan paparan mengenai hasil evaluasi atas pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Beliau memaparkan Hasil PMPRB yang telah dilakukan Kemenkes tahun 2020 mengalami kenaikan dari tahun 2019.

Selain itu juga beliau menjelaskan mengenai kinerja Agent Of Change pada Unit Utama  yang selama ini  telah melakukan banyak inovasi perubahan dan telah berperan sebagai agen yang mampu membangun Social Control diantara rekan kerja dengan Nilai Revolusi Mental yang selalu digaungkan

“Tercatat Telah Melakukan Inovasi Perubahan Minimal 458  yang Tersebar Di Seluruh Unit Kerja Kemenkes”, ungkap Irjen.

Seperti diketahui sebelumnya kementerian kesehatan telah mendapatkan banyak catatan dari Tim Penilai RB Nasional yaitu Kementerian PAN RB atas pelaksanaan RB di lingkungan Kemenkes RI, namun beberapa catatan tersebut telah ditindaklanjuti, diantaranya adalah: dengan dilakukannya monev pengawasan: dengan cara meningkatkan kepatuhan terhadap LHKASN sebagai wujud transparansi dan penegakan integritas pegawai; Melakukan monitoring dan evaluasi mandiri penerapan sistem pengendalian intern melalui aplikasi simon pengenal (sistem monitoring pengendalian internal); dan Konektivit cvas WBS Kemenkes dengan KPK dan LPSK.

Pelaksanaan evaluasi RB dan SAKIP dilaksanakan dua sesi yang pertama, untuk memaparkan seluruh kegiatan RB di Kemenkes RI pada sesi kedua dilakukan penilaian di masing-masing unit utama, yang tetap dilakukan secara virtual.

Semoga perjuangan dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Kemenkes mampu membawa kinerja Kemenkes yang lebih baik lagi, dan hasil penilaian PMPRB hasil yang maksimal dan terbaik. (JP)

Share this Post: