Berita Itjen

Evaluasi Reformasi Birokrasi Kemenkes Tahun 2018 : Upaya Ciptakan Birokrasi Pemerintah yang Profesional

Evaluasi Reformasi Birokrasi Kemenkes Tahun 2018 : Upaya Ciptakan Birokrasi Pemerintah yang Profesional

Jakarta (13/9) bertempat di Ruang Rapat G.A. Siwabessy Gedung Prof. Dr. Sujudi Kementerian Kesehatan, dilaksanakan pertemuan antara Kementerian Kesehatan dengan Tim Evaluasi Kemenpan RB terkait dengan pelaksanaan Evaluasi dan Validasi Reformasi Birokrasi di Kementerian Kesehatan untuk periode September 2017 – Agustus 2018. Agenda pertemuan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini meliputi entry meeting evaluasi pelaksanaan RB Kementerian Kesehatan yang dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi Kelompok Kerja (Pokja).

Pertemuan dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH. Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan Kementerian Kesehatan baik dalam penerapan Reformasi Birokrasi maupun dalam penyelenggaraan SAKIP. Upaya–upaya tersebut telah membuahkan hasil, Kementerian Kesehatan telah meraih berbagai penghargaan dan sambutan positif baik dari Presiden, antar Kementerian dan Lembaga maupun masyarakat seperti opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut sejak tahun 2013, pengelola gratifikasi terbaik, peringkat 5 besar Keterbukaan Informasi Publik, nilai evaluasi SAKIP tahun 2017 evaluasi adalah “BB”, kepatuhan pelaporan LHKPN Kemenkes semakin meningkat, penanganan pengaduan masyarakat dan lain sebagainya. Selain itu Kementerian Kesehatan telah melakukan upaya perbaikan pada pelayanan publik di berbagai sektor, antara lain reviu terhadap Standar Pelayanan Publik yang digunakan untuk rumah sakit vertikal, serta penyusunan Kurikulum dan Modul Etika dalam pelayanan publik. Irjen meyakini bahwa Evaluasi dan Validasi Reformasi Birokrasi ini akan menjadi penguat bagi Kementerian Kesehatan dalam menjalankan program yang telah disusun.

Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Sundoyo, SH, MKM, M.Hum selaku Sekretaris Tim Pelaksana RB Kementerian Kesehatan menyampaikan laporan bahwa penilaian hasil evaluasi RB Kemenkes terus menerus menunjukkan peningkatan dalam kurun waktu 5 tahun dari mulai 63,05 dan pada periode tahun 2017 mendapatkan nilai 76,86. Peserta pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 180 orang yang terdiri dari oleh Tim Pelaksana, Tim Monitoring dan Evaluasi, Tim Asesor, serta Wakil Koordinator Tim Agen Perubahan (Agent of Change/AoC) Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Selanjutnya diadakan acara Penyerahan Buku Kementerian Kesehatan Bekerja yang dilakukan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan kepada Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat Kemenpan RB, Drs. Agus Uji Hantara, M.E.

 

Selanjutnya, Drs. Agus memaparkan tujuan evaluasi RB dan Akuntabilitas yaitu mendorong pelaksanaan Manajemen Kinerja dan Reformasi Birokrasi. Beliau menyampaikan Rekomendasi dari hasil penilaian pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kementerian Kesehatan Tahun 2017 yaitu antara lain:

  1. Cakupan implementasi program Reformasi Birokrasi agar sampai dan terinternalisasi kepada seluruh satuan/unit kerja;

  2. Melakukan identifikasi/analisis peraturan perundangan yang tidak harmonis, terhadap seluruh peraturan di lingkungan Kementerian Kesehatan;

  3. Melakukan reviu atas struktur organisasi yang fokus terhadap kesesuaian antara struktur organisasi dengan kinerja organisasi dan mandat Kementerian Kesehatan;

  4. Melakukan evaluasi terhadap Proses Bisnis dan SOP untuk melihat tingkat efisiensi dan efektifitas terhadap pencapaian kinerja Kementerian Kesehatan;

  5. Melakukan optimalisasi implementasi e-Government terhadap semua jenis layanan Kementerian Kesehatan agar terintegrasi dan komprehensif;

Pada hari pertama tersebut juga diadakan survey internal pada 100 Responden yang hadir. Drs. Agus menghimbau agar survey internal tersebut diisi dengan objektif oleh para Responden. Survey tersebut nantinya akan dibandingkan dengan survey eksternal yang akan digunakan sebagai feedback dalam upaya perbaikan untuk kemajuan RB, SAKIP dan ZI di Profil Kementerian Kesehatan tahun 2018. Selanjutnya, dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi per Kelompok Kerja (Pokja) yan dipandu oleh masing-masing evaluator RB yang telah ditentukan.

Pada hari kedua, yaitu tanggal 14 September 2018 Tim Evaluator Kemenpan RB mengadakan kunjungan lapangan ke beberapa unit Kemenkes yaitu antara lain Unit Layanan Terpadu Kemenkes, Radio Kesehatan Kemenkes, Biro Komuniksi dan Pelayanan Masyarakat, dan Pusat Krisis Kesehatan.

Penutupan pertemuan dilaksanakan di ruang rapat Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan yang dipimpin oleh Direktur Pengawasan Alat Kesehatan dan PKRT Ditjen Faralkes. Kemenpan RB yang diwakili oleh Laode M R Rere memaparkan bahwa penilaian evaluasi RB di Kementerian Kesehatan tahun 2017 sebagian besar telah sesuai dengan implementasinya. Diharapkan tahun ini Kementerian Kesehatan dapat mempertahankan nilai tersebut bahkan mengalami peningkatan yang akan ditentukan dalam rapat pleno Tim Penilai RB Nasional.

 

(Kontributor : LG)

Share this Post: