Berita Itjen

Gigih Lawan Korupsi di Kemenkes, Itjen Komitmen Terapkan SMAP ISO 37001

Gigih Lawan Korupsi di Kemenkes, Itjen Komitmen Terapkan SMAP ISO 37001

Dalam rangka mengoptimalkan peran Itjen serta mewujudkan pengawasan yang berintegritas, saat ini Inspektorat Jenderal sedang berupaya membangun sistem manajemen anti penyuapan (SMAP) ISO 37001,Kamis (10/6) Inspektorat Jenderal mengadakan webinar mengenai komitmen pengawasan berintegritas di era pamdemi melalui penerapan SMAP. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Itjen sebagai pengawas dalam meningkatkan pencegahan korupsi pada Kementerian Kesehatan RI.

Acara ini mengundang perwakilan dari KPK, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, dan Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan sebagai dukungan dalam menyampaikan informasi terkait penerapan SMAP ini, diikuti oleh para Pegawai Inspektorat Jenderal, Satuan Pengawas Internal dan Satuan Kepatuhan Internal yang ada pada satuan kerja Kemenkes.

Dalam sambutannya Inspektur Jenderal,  Murti Utami mengharapkan dengan adanya SMAP ini akan mendorong terwujudnya budaya anti-suap di lingkungan Inspektorat Jenderal yang pada akhirnya akan meluas ke seluruh Unit Kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan.

“Momentum webinar saat ini merupakan momentum yang sangat penting untuk menyampaikan kepada seluruh stakeholders bahwa Inspektorat Jenderal sudah berkomitmen untuk mewujudkan SMAP”, ujar Irjen.

Beliau menambahkan bahwa penerapan SMAP ini juga merupakan transformasi Itjen agar perannya bukan hanya sekedar mencari kesalahan/ketidakpatuhan, tetapi lebih fokus untuk memberikan solusi perbaikan bagi Satuan kerja. Selain itu juga Itjen mampu menjadi mitra dan penasihat yang mampu hadir mengawal kegiatan secara real time.

“Dengan transformasi tersebut diharapkan Itjen akan menjadi Strategic Partner  dan Trusted Advisor”, harap Murti Utami.

Acara ini disambut baik oleh para peserta webinar, ini terlihhat dari banyaknya peserta yang mengajukan berbagai pertanyaan yang dilontarkan untuk para narasumber yang menyajikan materi secara menarik. Adapun materi yang disampaikan diantaranya: Tata Kelola Kolaboratif dalam Mencegah Korupsi di BUMN Bidang Kesehatan oleh KPK; Komitmen Ditjen P2P dalam Mewujudkan Pelaksanaan Program Vaksinasi COVID-19 yang Berintegritas dan Bebas dari Korupsi di Era Pandemi; Komitmen Ditjen Yankes Mewujudkan Pelayanan Kesehatan yang Berintegritas, Bebas dari Korupsi dan Birokrasi Bersih Melayani di Era Pandemi; Komitmen Ditjen Farmalkes Mewujudkan Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan yang Berintegritas dan Bebas dari Korupsi di Era Pandemi; serta SMAP sebagai Instrumen Pengendalian Penyuapan pada Sektor Kesehatan oleh SustaIN.

Perkara suap, bukan hanya masalah internal Itjen sendiri, karena tidak mungkin ada penyuapan jika tidak ada pihak yang menyuap, untuk itu diperlukan dukungan serta komitmen bersama di lingkungan Kemenkes agar dapat patuh serta menerapkan budaya anti korupsi dan suap, agar tercipta Kemenkes yang bersih, akuntabel dan transparan. (JP)

Share this Post: