Berita Itjen

Inspektorat Jenderal Berpartisipasi dalam Memeriahkan Acara Puncak HKN ke-53

Inspektorat Jenderal Berpartisipasi dalam Memeriahkan Acara Puncak HKN ke-53

Jakarta (12/11) Kementerian Kesehatan menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di kawasan Bundaran HI Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), Wakil Presiden RI, H.M. Jusuf Kalla, beberapa Menteri di Kabinet kerja dan jajaran pejabat di Kementerian Kesehatan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, Sekretaris Inspektorat Jenderal dan para Inspektur di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan.

 

Acara tersebut juga menghadirkan tim gowes yang telah melakukan perjalanan dari Sabang sampai Jakarta yang mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan. Inspektur Jenderal turut menerima kedatangan mereka beserta para pejabat Kementerian Kesehatan lainnya. Puncak kegiatan HKN ke-53 ini diawali dengan kegiatan karnaval sehat yang dimulai dari kawasan silang monas dan berakhir di Bundaran HI, dilanjutkan dengan senam peregangan bersama yang memecahkan rekor muri dengan jumlah peserta hingga mencapai 12 ribu orang termasuk di dalamnya 170 orang pegawai Inspektorat Jenderal yang masing-masing membawa anggota keluarganya sehingga mencapai lebih dari 500 orang peserta dari keluarga besar Inspektorat Jenderal yang berkumpul di sekitar Hotel Mandarin Oriental kawasan Bundaran HI.

 

Untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang meliputi aktifitas fisik, makan buah dan sayur dan cek kesehatan secara berkala, dalam peringatan HKN tersebut diadakan bazaar buah, sayur dan ikan. Terdapat pula 10 tenda pemeriksaan kesehatan yaitu deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) melalui pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kolesterol bagi masyarakat secara gratis dan ada pula minum jamu gratis yang disediakan untuk masyarakat umum.

Untuk memeriahkan acara, Komunitas Fotografer Kesehatan (KFK) mengadakan lomba foto on the spot di sekitaran lokasi acara puncak peringatan HKN ke-53 dan pemenangnya diumumkan hari itu juga. Beberapa pegawai dan keluarga pegawai Inspektorat Jenderal ada yang menjadi pemenang lomba foto on the spot tersebut yaitu dr. Dian Ramadhani, staf Inspektorat I, Putri Ni’matul Lillah, ST, staf Bagian APTLHP Sekretariat Itjen dan Diah, putri dari Sudariyah, S.Sos, staf Bagian Tukumpeg Sekretariat Itjen.

Kegiatan ini dapat juga dijadikan sebagai gathering di lingkungan Kementerian Kesehatan khususnya Inspektorat Jenderal. Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan dapat menambah keakraban antar sesama pegawai Inspektorat Jenderal.

  

Para pegawai Inspektorat Jenderal beserta keluarganya tampak gembira mengikuti kegiatan dan ini menjadi momentum untuk menyemarakkan GERMAS bagi warga Inspektorat Jenderal untuk membiasakan hidup sehat, salah satunya dengan beraktifitas fisik agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

 

       

Share this Post: