Berita Itjen

Inspektorat Jenderal Dukung Aku Cinta Sehat Melalui Pameran HKN Ke-54

Inspektorat Jenderal Dukung Aku Cinta Sehat  Melalui Pameran HKN Ke-54

Dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 54 Kementerian Kesehatan mengadakan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produk Kesehatan dalam Negeri pada 8 -10 November 2018 di ICE BSD Tangerang Selatan. Pada tahun ini HKN mengambil tema Aku  Cinta Sehat dengan sub tema Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita.

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yaitu mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Acara Pameran HKN diikuti kurang lebih oleh 185 booth yang diantaranya adalah Kantor Pusat, Satuan Kerja Kementerian Kesehatan, Lembaga lain, instansi lain seperti Dinas Kesehatan Provinsi, Organisasi Profesi, Rumah Sakit, BUMN, serta berbagai asosiasi dengan memamerkan produk di antaranya adalah inovasi di bidang kesehatan serta berbagai layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produk Kesehatan dalam Negeri merupakan sarana untuk menyampaikan informasi, edukasi, dan promosi kesehatan kepada masyarakat dengan mensosialisasikan program dan kebijakan Kementerian Kesehatan. Melalui pameran ini, juga ditampilkan produk – produk hasil inovasi para peneliti, sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam sambutannya Menkes Nila mengatakan pameran tersebut menjadi momentum dalam mengenalkan produk alat kesehatan sekligus mendorong penggunaannya di dalam negeri.

“Acara ini (Pameran) yang keempat. Kami sangat mendorong agar produk dalam negeri ini lebih terangkat dan dipakai di dalam negeri bahkan ada yang sudah mengekspor. Tentu ini sangat membanggakan, artinya ada pengakuan dari pihak luar negeri sampai mau menggunakan produk kesehatan buatan Indonesia,” kata Nila.

Menkes mengimbau agar di rumah sakit, termasuk masyarakat dapat lebih banyak menggunakan produk alat kesehatan dalam negeri. Selain itu, Menkes mengharapkan inovasi-inovasi yang muncul dari profesi di bidang kesehatan atau universitas bisa menjadi produk kesehatan yang bisa digunakan oleh orang banyak.

Inspektorat Jenderal merupakan salah satu Unit Utama yang ikut serta dalam Pameran Pembangunan Kesehatan  tersebut. Booth Inspektorat Jenderal dalam pameran ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh para pengunjung, misalnya konsultasi seputar program pengawasan, mini workshop mengenai program anti korupsi yang dinarasumeri oleh Kepala Bagian Program dan Informasi (Rudi Supriyatna Nata Saputra, S.Kp. M.Kep) peserta kuis anti korupsi dengan hadiah menarik.

Dalam pameran tersebut, Menkes berkesempatan melakukan kunjungan langsung ke booth yang menjadi peserta pameran. Salah satu booth yang menjadi kunjungan Menkes adalah Booth Inspektorat Jenderal (JP,GT)

Share this Post: