Berita Itjen

Inspektorat Jenderal melakukan pendampingan dan pengawasan proses pembangunan Fasyankes di Nusa Tenggara Barat

Inspektorat Jenderal melakukan pendampingan dan pengawasan proses pembangunan Fasyankes di Nusa Tenggara Barat

Mataram, 2 Oktober 2018

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Kesehatan RI drg. Oscar Primadi,MPH melakukan kunjungan kerja, yaitu meninjau langsung fasilitas kesehatan pasca gempa di NTB pada Selasa (2/10).  Turut mendampingi Irjen antara lain pejabat Struktural dilingkungan Inspektorat Jenderal dan Pejabat dilingkungan Kemenkes.

Sesuai dengan tupoksi Inspektorat Jenderal, Peninjauan ini dimaksudkan dalam rangka melakukan pendampingan dan pengawasan proses pembangunan Fasyankes yang rusak akibat bencana, dan juga memastikan agar pasien (masyarakat) terlayani dengan baik.

Dalam peninjauan ini, Irjen beserta jajarannya melakukan koordinasi dengan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB Marjito dan jajaranya. 

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan perkembangan  pembangunan Puskesmas sementara di Kabupaten Lombok Utara.

Puskesmas pemenang progres pengerjaan 95 %, puskesmas nipah dan puskesmas Tanjung 80 %, puskesmas gangga dan puskesmas senaru 50 % dan 3 puskesmas belum dimulai proses pembangunannya (0 %) yaitu puskesmas bayan, kayangan dan santong.

Progres pembangunan Puskesmas sementara Menggunakan anggaran Kemen PUPR.

 

Irjen menyampaikan bahwa “tugas dan fungsi Itjen mendampingi dari proses perencanaan dan pengawasan. Dari proses itu diharapkan dapat memberikan potret yang baik tentang apa yang sudah dilakukan." 

Kemudian disampaikan juga bahwa Itjen (Inspektorat Jenderal) juga sudah berkoordinasi di pusat. Kita memastikan apa yang harus kita lakukan sudah maksimal baik dari Kemenkes ataun pihak lain,” kata Oscar.

kemudian Irjen dan rombongan juga meninjau langsung RSUD Provinsi NTB, Puskesmas sementara Nipah, RSUD Tanjung, Puskesmas Tanjung, dan Puskesmas Pemenang.

Pada kesempatan tersebut, Irjen juga menyerahkan bantuan secara langsung kepada korban bencana di Lombok Utara. 

“Inspektorat Jenderal bersama KORPRI Kemenkes, dengan senang hati menyerahkan sumbangan yang selama ini sudah kami kumpulkan dalam bentuk uang dan barang,” kata Oscar.

irjen juga  menyampaikan apresiasi setinggi tingginya terhadap SDM Kesehatan di provinsi NTB yang dengan ikhlas membantu korban bencana.

 

Kontributor : Ariodast

Share this Post: