Berita Itjen

Inspektorat Jenderal Turut Andil dalam Keberhasilan Kemenkes

Inspektorat Jenderal Turut Andil dalam Keberhasilan Kemenkes

Sabtu (7/12) Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Murti Utami menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Tahun Anggaran 2020 kepada para pejabat tinggi pratama di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Kepala Sub Bagian Inspektorat Investigasi yang mewakili Inspektur Investigasi. Setelah penyerahan DIPA dan RKA-K/L, dilakukan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja Tahun 2020 yang disaksikan oleh Inspektur Jenderal pada saat acara Peningkatan Kapasitas Manajerial Agent of Change (AoC) Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan di Cirebon Jawa Barat.

Pelaksanaan penyerahan DIPA diawali dengan arahan dari Irjen Kemenkes yang menyebutkan tentang 4 (empat) program prioritas Kemenkes  yaitu Penurunan Stunting; Penurunan Harga Obat; Penguatan Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); dan Pengembangan Industri Alat Kesehatan. Irjen mengharapkan Inspektorat Jenderal dapat menyelesaikan audit program prioritas paling lambat triwulan I tahun 2020, melakukan monitoring program prioritas nasional yang dilaksanakan oleh unit utama dengan memperhatikan prinsip ekonomis, efektif dan efisien.

Irjen juga berpesan agar Inspektorat Jenderal dapat menggunakan APBN dengan sebaik-baiknya.

 “Satu rupiahpun uang negara harus dapat dipertanggungjawabkan”, ungkap Irjen.

Dalam kesempatan yang sama, Irjen menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan pada saat pertemuan penyerahan DIPA Kemenkes 18 November 2019 yaitu Kementerian Kesehatan harus menjadi Kementerian yang paling tinggi mendapatkan kepercayaan masyarakat dan agar Inspektorat Jenderal diharapkan dapat mengawal pelaksanaan anggaran di lingkungan Kementerian Kesehatan, maka “Keberhasilan Kementerian Kesehatan juga merupakan andil Inspektorat Jenderal. (LY, GT)

Share this Post: