Berita Itjen

Inspektorat Jenderal Turut Berpartisipasi dalam Pameran Kesehatan Rakerkesnas 2018

Inspektorat Jenderal Turut Berpartisipasi dalam Pameran Kesehatan Rakerkesnas 2018

Pameran kesehatan merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari acara Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Pameran Kesehatan tahun ini terdiri dari 64 stan yang dibagi menjadi 6 klaster, yaitu unit utama, propinsi, pelayanan kesehatan, lembaga, mitra utama dan alat kesehatan.

 

 

Pada hari pertama Rakerkesnas 2018 (6/3), Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp,M(K) didampingi Sekretaris Jenderal  secara seremonial resmi membuka Pameran Kesehatan dengan tema “Sinergi Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) Melalui Percepatan Eliminasi Tuberkulosis, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi. Pameran Kesehatan ini berlangsung di Nusantara Hall, Indonesia Convention Center (ICE) BSD Tangerang, tanggal 6-7 Maret 2018.

Pada pemeran kesehatan ini para peserta disajikan informasi-informasi yang sangat berguna baik bagi kepentingan sendiri maupun untuk organisasi tempat mereka bekerja, serta peserta dapat memeriksakan kesehatannya secara gratis di stan yang sudah disediakan. Games dengan hadiah menarik juga merupakan daya tarik pengunjung untuk mengujungi stan-stan yang ada. Selain itu, dalam pameran tersebut juga terdapat pelayanan kesehatan gratis bagi pengunjung, diantaranya: 1) Pemeriksaan Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), berupa cek tekanan darah, gula darah dan kolesterol; 2) Pemeriksaan Indeks Masa Tubuh (IMT); 3) Konseling Gizi; 4) Pelayanan Kesehatan Jiwa;

Menteri Kesehatan berkesempatan mengunjungi stan Itjen pada hari kedua pameran (7/3). Beliau mengapresiasi pelaporan LHKPN yang berbasis teknologi, yaitu melalui aplikasi e-LHKPN, serta adanya aplikasi Sistem Informasi Pemantauan Hasil Audit (SIPEDIT) untuk monitoring tindak lanjut hasil pengawasan.

 

 

 

Inspektorat Jenderal menjadi salah satu unit yang berpartisipasi dalam pameran tersebut. Itjen bekerja sama dengan Biro Keuangan dan BMN menjadi stan yang membuka layanan konsultasi seputar e-LHKPN, tindak lanjut hasil pengawasan, Pengendalian Gratifikasi, Pencegahan Fraud JKN, dan Sponsorship bagi tenaga kesehatan, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Pengelolaan Laporan Keuangan, dan Pengelolaan Laporan BMN.

 

 

Selain membuka layanan konsultasi, stan Itjen juga menyediakan games interaktif dengan hadiah menarik. Para peserta games tidak hanya diwajibkan menjawab pertanyaan dengan benar namun juga secara cepat.

 Selama 2 hari berlangsungnya pameran, para pengunjung Rakerkesnas 2018 sangat antusias dalam meramaikan stan Itjen dan Biro Keuangan dan BMN tersebut. Diharapkan animo tinggi para peserta Rakerkesnas 2018 ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta terkait pencegahan korupsi khususnya di sektor kesehatan, sehingga akan tercipta kementerian yang benar-benar terbebas dari korupsi.

 

Kontributor: RSF - JP

 

 

Share this Post: