Berita Itjen

Inspektorat Jenderal Turut Sukseskan Pameran Pembangunan Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019

Inspektorat Jenderal Turut Sukseskan Pameran Pembangunan Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019

(7/11) Dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019 Kementerian Kesehatan mengadakan Pameran Pembangunan Kesehatan pada tanggal 7-9 November 2019 di ICE BSD Tangerang Selatan. Pada tahun ini HKN mengambil tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”.

Acara Pameran HKN ini diikuti oleh 304 booth yang diantaranya adalah Kantor Pusat, Satuan Kerja Kementerian Kesehatan, Lembaga lain, instansi lain seperti Dinas Kesehatan Provinsi, Organisasi Profesi, Rumah Sakit, BUMN, serta berbagai asosiasi dengan memamerkan produk di antaranya adalah inovasi di bidang kesehatan serta berbagai layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

 

Pada hari pertama pelaksanaan, acara pameran HKN secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi. Acara ini dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kementerian Kesehatan, perwakilan duta besar negara tetangga, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian dan Lembaga, Direktur Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta, serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia.

Dalam arahannya, Sekjen menyampaikan arahannya terkait pembangunan kesehatan. Beliau mengharapkan agar pameran ini dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk kesehatan yang telah mampu diproduksi didalam negeri  sehingga dapat digunakan secara maksimal terutama dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pada hari kedua acara, Itjen mendapatkan penghargaan sebagai Unit Pengelola Kearsipan terbaik ke-3 antar unit utama di lingkungan Kemenkes, dan salah satu pegawai Itjen Tumirah mendapatkan penghargaan sebagai arsiparis terbaik ke-3 tingkat terampil.

Pada hari ketiga acara, turut hadir Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dalam sambutannya, Menkes mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam melaksanakan pembangunan kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat indonesia.

Dalam acara ini juga diselenggarakan penghargaan Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Innovation Awards ke-3 tahun 2019 dan penganugerahan kepada tenaga kesehatan teladan Puskesmas tingkat nasional tahun 2019. Menkes secara resmi membuka acara penghargaan ini.

“Saya sangat mengapresiasi adanya penghargaan atas inovasi anak bangsa yang dapat memacu kreatifitas anak bangsa untuk turut serta memikirkan solusi atas permasalahan bersama dalam mendukung penguatan program kesehatan khususnya di bidang kegawatdaruratan, alat kesehatan, teknologi informasi dan inovasi, dan juga Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, serta insan berprestasi di bidang kesehatan lainnya”, kata Menkes.

Inspektorat Jenderal merupakan salah satu Unit Utama yang ikut serta dalam Pameran Pembangunan Kesehatan tersebut. Booth Inspektorat Jenderal dalam pameran ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh para pengunjung, misalnya kuis anti korupsi dengan hadiah menarik dan konsultasi seputar program pengawasan. (LG, GT, LY, AAB)

Share this Post: