Berita Itjen

Inspektorat Jenderal Turut Sukseskan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017

Inspektorat Jenderal Turut Sukseskan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017

Dalam rangka upaya mensosialisasikan upaya – upaya pembangunan di bidang kesehatan yang telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan serta lintas sektor terkait, serta mengenalkan dan meningkatkan penggunaan alat kesehatan dalam negeri, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan “Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri” yang berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai hari ini Kamis (9/11/2017) s.d Sabtu (11/11/2017) berlokasi di Jakarta International Expo Kemayoran, pameran ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017.

Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri merupakan sarana untuk menyampaikan informasi, edukasi, dan promosi kesehatan kepada masyarakat dengan mensosialisasikan program dan kebijakan Kementerian Kesehatan. Melalui pameran ini, juga ditampilkan produk – produk hasil inovasi para peneliti, sehingga diharapkan hasil penelitian ini dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek bersama Menko Perekonomian RI, Darmin Nasution membuka kegiatan pameran secara resmi, sekaligus menyampaikan arahannya terkait pembangunan kesehatan. Menkes mengungkapkan bahwa sejak tahun 2015, terjadi peningkatan jumlah sarana produksi alat kesehatan sebanyak 517 sarana dan jenis alat kesehatan sebanyak 32 jenis. “Saat ini ada 719 sarana produksi yang mampu memproduksi 294 jenis alat kesehatan. Dengan kemampuan tersebut, industri alat kesehatan dalam negeri mampu memenuhi lebih kurang 50% standar fasilitas alat kesehatan alat kesehatan di RS Tipe A, B, C, dan D.”, tutur Menkes. Selanjutnya, Menko Perekonomian  menyampaikan sambutannya atas terselenggaranya pameran ini. Beliau mengatakan Indonesia memiliki potensi besar terkait investasi alat kesehatan. Menurut beliau, pemerintah sedang berupaya mengurangi ketergantungan dari bahan impor farmasi atau alat kesehatan agar APBN tidak selalu membiayai impor kesehatan.

Sebagai agenda yang dilaksanakan setiap tahun, pameran tahun ini mengusung tema “Keluarga Sehat Indonesia Kuat”. Dengan diangkatnya tema ini, diharapkan pembangunan kesehatan dapat memusatkan kegiatannya berawal dari keluarga, memanfaatkan teknologi karya anak bangsa, dan mengutamakan penggunaan alat kesehatan dalam negeri menuju kemandirian alat kesehatan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Keshatan untuk mendorong upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.

Tahun ini pameran diikuti oleh lebih dari 150 peserta yang terdiri dari industri alat kesehatan, PKRT, farmasi, obat tradisional, kosmetik, serta makanan dan minuman. Selain itu, juga dimeriahkan oleh berbagai booth dari Kementerian Kesehatan maupun kementerian dan instansi lain, seperti Dinas Kesehatan Propinsi, Organisasi Profesi, Rumah Sakit, BUMN, serta berbagai asosiasi yang dengan memamerkan produk, di antaranya adalah teknologi dan inovasi di bidang alat kesehatan dan sediaan farmasi dan produk kesehatan, serta layanan kesehatan. Booth Inspektorat Jenderal dalam pameran ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh para pengunjung, misalnya kuis anti korupsi dan photobooth yang bisa diunggah ke media sosial.

 

Pada rangkaian peringatan HKN ke 53 tahun 2017, Inspektorat Jenderal Kemenkes berpartisipasi dalam kegiatan pameran pembangunan kesehatan yang diadakan di JIEXPO Kemayoran dengan membuka stand, ada beberapa aktivitas yang dilakukan oleh pegawai Inspektorat Jenderal Kemenkes yang mendapatkan tugas untuk menjaga stand pameran tersebut diantaranya, membuka layanan konsultasi dalam pelaksanaan pencegahan korupsi, tolak gratifikasi, pelaporan LHKPN dan sponsorship bagi tenaga kesehatan, membuka layanan foto both bagi pengunjung stand dan kegiatan quiz interaktif dengan tema soal pencegahan korupsi di lingkungan Kementerian Kesehatan.

 

(Kontributor: RS dan AR)

Share this Post: