Berita Itjen

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Me-launching Sistem Manajemen Audit (Simendit) “Perisai Anti Korupsi”

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Me-launching Sistem Manajemen Audit (Simendit)  “Perisai Anti Korupsi”

Jakarta (9/11), Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan (Drs. Purwadi, Apt, MM, ME) bersama Inspektur Investigasi (drg. Rarit Gempari, MARS, QIA) berkesempatan me-launching Sistem Manajemen Audit (SIMENDIT) “Perisai Anti Korupsi” bertempat di Ruang Rapat 306, Inspektorat Jenderal  Kementerian Kesehatan.  Launching tersebut dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal (Heru Arnowo, SH, MM, CFrA), Inspektur I  (Edward Harefa, SE, MM), Inspektur II (drg. Moh Nur Nasiruddin, M.Kes), Inspektur III (Heri Radison, SKM, MKM), Inspektur IV (Alberthus Yudha Poerwadi, SE, AK, M.SI, CA, CPMA), para pejabat struktural di lingkungan Inspektorat Jenderal dan para pegawai Inspektorat Investigasi.

          

Sistem Manajemen Audit (SIMENDIT) merupakan Sistem Informasi Pengawasan yang terintegrasi antara sistem perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan monitoring tindak lanjut hasil pemeriksaan untuk mendukung peningkatan kinerja Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan melalui proses yang sistematis, efektif dan efisien. Pengembangan dan pengaplikasian SIMENDIT dipimpin langsung oleh Inspektur Investigasi, untuk tahap awal SIMENDIT diterapkan di Inspektorat Investigasi dan selanjutnya akan direplikasi di semua Inspektorat dilingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan. Sistem Manajemen Audit (SIMENDIT) merupakan proyek perubahan yang inovatif dan strategis untuk dapat menangkal korupsi baik internal yang menyangkut upaya suap atau gratifikasi kepada Auditor, maupun eksternal yaitu dengan upaya pencegahan melalui link data dan informasi dengan stakeholders terkait. Proyek perubahan yang strategis ini prinsipnya adalah dengan mengoptimalkan sumberdaya yang ada dengan inovasi sistem dan didukung teknologi serta sarana penunjang lainnya sehingga memperlancar pelaksanaan audit yang berujung pada optimalisasi kualitas hasil audit serta meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat.

          

Dalam paparannya Inspektur Investigasi menyampaikan bahwa SIMENDIT telah disosialisasikan ke stakeholder yang terkait dan mendapatkan respon yang sangat baik “Kami telah mensosialisasikan ini ke stakeholder  yang terkait, misalnya KPK, PPATK, LPSK dan BKPM mengenai program SIMENDIT ini, dan mendapatkan sambutan sangat baik dari mereka”, kata Inspektur Investigasi.

Sementara itu dalam sambutannya Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan memberikan apresiasi atas pengaplikasian SIMENDIT di Inspektorat Jenderal Kementerian kesehatan. “SIMENDIT ini merupakan langkah kecil yang dapat menyelesaikan masalah, karena dengan ini kita jadi bisa menjadi lebih cepat, lebih responsif untuk tugas pengawasan kita sehari-hari’. Lebih lanjut “Terimakasih kepada Bu Rarit selaku Inspektur Investigasi atas kerja keras dan Integritasnya dalam mengembangkan SIMENDIT, tuturnya.

Berikut adalah bagan alur implementasi SIMENDIT pada Inspektorat Investigasi:

Sebelum me-launching SIMENDIT terlebih dahulu ditandatanganinya Surat Keputusan Inspektur Jenderal tentang Implementasi SIMENDIT dan Tim Pembangun Aplikasi SIMENDIT. Dengan adanya aplikasi berbasis web ini diharapkan koordinasi antar bidang dilingkungan Itjen bisa berlangsung secara lebih efektif dan efisien.

 

Kontributor: JP dan AF

Share this Post: