Berita Itjen

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah 2019

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI  menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah 2019

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2019 yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta pada Kamis (21/3). Tema Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah tahun 2019 adalah "Penguatan Apip Dalam Mengawal Akuntabilitas Keuangan Dan Pembangunan Yang Berkualitas".

Rapat dihadiri oleh sekitar 1200 peserta yang berasal dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) seluruh Indonesia. drg. Murti Utami, MPH sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan turut hadir sebagai peserta dalam acara tersebut. 

Rangkaian kegiatan acara Rakornas Intern Pemerintah diawali oleh arahan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. Dalam Arahannya Menkeu menyampaikan bahwa APIP merupakan faktor penentu dalam menjaga tata kelola keuangan negara. Sebuah K/L yang sehat adalah yang punya komitmen terhadap integritas serta yang betul-betul menciptakan akuntabilitas terhadap tata kelola pemerintahan, bagaimana K/L tersebut memperlakukan APIP dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Di akhir arahannya Sri Mulyani berpesan bahwa di Kementerian/Lembaga Inspektur Jenderal dan Sekretaris Jenderal harus saling berkoordinasi dalam pelaksanaan pengelolaan Keuangan.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan oleh Kepala BPKP Dr. Ardan Adiperdana, Ak., MBA., CA, CFrA selaku Ketua Panitia. Dalam sambutannya Kepala BPKP menyampaikan bahwa "Tantangan yang dihadapi oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah secara nasional saat ini adalah terkait dengan independensi dan kompetensi dari sumber daya manusia." Ardan Adiperdana juga menyampaikan bahwa berfungsinya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) akan menghasilkan pencapaian tujuan organisasi melalui ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan terjaganya aset negara dan aset daerah.

Wakil Presiden (Wapres) RI, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah 2019. Dalam sambutannya Wapres menyampaikan bahwa Pengawasan selalu menjadi bagian penting dalam sistem pemerintahan. Karena tanpa pengawasan, perencanaan dan juga pelaksanaannya akan banyak kendala yang terjadi di kemudian hari. Dengan dilakukannya pengawasan oleh APIP maka  akan mengurangi dan bahkan tidak akan ada lagi kesalahan, penyimpangan, cacat dan hal-hal yang bersifat negatif seperti adanya kecurangan, pelanggaran dan korupsi dalam perencanaan dan pelaksanaan penggunaan anggaran.

Di akhir sambutannya Wapres berpesan kepada seluruh APIP agar senantiasa mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi  dalam pelaksanaan pengawasan.

APIP di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan, sejauh ini telah melaksakan tugas dan fungsinya dalam bidang pengawasan dengan baik . Terbukti dengan penghargaan dari BPK dalam Laporan Keuangan, Kementerian Kesehatan telah mendapatkan penghargaan WTP dalam 5 (lima) tahun berturut-turut sejak 2014. Dalam pemanfaatan teknologi informasi, sejauh ini Itjen Kemenkes telah menggunakan aplikasi berbasis web dalam pelaksanaan pengawasan, diantaranya melalui aplikasi e-reviu LK dan e-Reviu RKAKL. (HA)

Share this Post: