Berita Itjen

Itjen Ikut Serta Dalam Kampanye Cegah Stunting

Itjen Ikut Serta Dalam Kampanye Cegah Stunting

Jakarta (17/9) Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek beserta Jajaran Pejabat Eselon I dan Eselon II masing-masing unit utama berpartisipasi dalam kampanye pencegahan stunting di Indonesia, salah satu eselon I yang hadir adalah Inspektur Jenderal, Oscar Primadi.

Kampanye tersebut dimulai dengan aksi long march di titik Bundaran Hotel Indonesia. Selain Kementerian Kesehatan kampanye tersebut juga dihadiri Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang didampingi istrinya, Fery Farhati Ganis, selaku Ketua PKK Provinsi DKI Jakarta; Gubernur Banten, Wahidin Halim; Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X; Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Sigit Priohutomo.

Sebagai bentuk komitmen mendukung pencegahan stunting jajaran Inspektorat Jenderal juga berpartisipasi dalam aksi long march dari Bundaran HI hingga Monas yang diadakan pada minggu pagi, bentuk lain dukungan yang diberikan oleh Itjen adalah dalam pengawsaan penggunaan anggaran dalam program pencegahan stunting.

 

Kampanye tersebut bertujuan untuk mengingatkan kesadaran masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta tentang stunting dan bahayanya bagi perkembangan otak dan fisik balita yang dampaknya akan terbawa hingga dewasa. Stunting merupakan masalah kekurangan gizi yang kronis akibat dari kurangnya asupan makanan bergizi yang cukup lama. Stunting terjadi mulai dari janin dalam kandungan dan dampaknya terlihat pada anak ketika memasuki usia dua tahun.

 

Tinggi badan balita stunting lebih rendah daripada standar umurnya. Ketika beranjak dewasa anak stunting rentan terhadap penyakit, kurang berprestasi di sekolah, rentan mengalami kegemukan. Sementara itu, ketika dewasa mereka lebih mudah terkena berbagai penyakit tidak menular, seperti jantung dan diabetes.

Dalam sambutanya Menkes menegaskan bahwa Indonesia harus bebas dari generasi stunting, maka pencegahan stunting itu menjadi upaya yang sangat penting, selain itu juga para orang tua, juga remaja selaku calon orang tua agar memahami bagaimana cara mencegah stunting, utamanya melalui perbaikan pola makan, pola pengasuhan, juga perhatikan kebersihan.

“Kalau tidak mau anak-anak kita stunting, kalau kasih makan anak-anak utamakan (sumber protein) untuk anak-anak dan ibu hamil dulu ya,” kata Menkes.

Selain itu, secara khusus bagi para ibu hamil, agar senantiasa menjaga kehamilannya salah satunya dengan mencukupi kebutuhan gizi anak sejak 1000 hari pertama kehidupan (JP)

Share this Post: