Berita Itjen

Itjen sebagai Penanggung Jawab Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tanggal 13 November 2017

Itjen sebagai Penanggung Jawab Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tanggal 13 November 2017

Jakarta,(13/11) Sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/399/2017 tentang Panitia Penyelenggaraan Peringatan HKN ke–53, Inspektorat Jenderal sebagai penangungjawab upacara peringatan hari kesehatan nasional ke-53 dan Tabur Bunga. Sebelum dilaksanakan Upacara HKN ke-53 Itjen selaku penanggungjawab melakukan Gladi Resik pada tanggal 9-10 November 2017. Itjen juga berkoordinasi dengan lintas sektor yaitu menghadirkan Grup Paduan Suara dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dan Korp Musik dari TNI Angkatan Laut.

Uacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 (13/11) dimulai pukul 08.00 WIB di lapangan upacara Kementerian Kesehatan RI di kawasan Jakarta Selatan, dengan mengambil tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.  Dalam upacara tersebut, Menteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr. Nila Farid Moeloek,Sp.M(K) bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sekretaris Inspektorat Jenderal, Heru Arnowo, SH, MM bertindak sebagai Perwira Upacara. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, dr. Achmad Yurianto bertindak sebagai Komandan Upacara. Radityo Hari Nugroho, S.Kom dari Biro Umum sebagai Pembaca Doa.

Upacara dihadiri oleh seluruh Eselon 1 Kementerian Kesehatan RI, para mantan Pejabat Eselon 1 Kementerian Kesehatan, para pejabat Eselon 2-4, pejabat di UPT Kementerian Kesehatan serta perwakilan dari setiap unit utama Kementerian Kesehatan.

         

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa tema HKN tahun ini sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga. “Pendekatan keluarga merupakan cara bagi puskesmas untuk dapat meningkatkan jangkauan dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan”, ujar Menteri Kesehatan.

 “Seluruh insan kesehatan khususnya Kementerian Kesehatan agar menjadikan peringatan HKN ke 53 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta apakah telah melibatkan semua unsur dari lintas sektoral”, tutur Menteri Kesehatan.

          

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Satuan Kerja Kementerian kesehatan yang telah memperoleh predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Menteri Kesehatan.

Satuan kerja tersebut adalah :

  1. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang.
  2. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang.
  3. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang.
  4. Rumah Sakit Orthopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta.
  5. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Probolinggo.
  6. Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.
  7. Balai Teknik Kesehatan Lngkungan dan Pengendalian Penyakit Kelas I Medan.
  8. Balai besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta.
  9. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang
  10. Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.
  11. Balai Penelitian dan Pengembangan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium Magelang.
  12. Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkes RI.
  13. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta.

          

Selanjutnya dilaksanakan pemberian hadiah pemenang lomba yang telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HKN ke 53 yaitu lomba penilaian independen kantor berbudaya bersih dan Rapi, pemenang lomba Hand Hygiene, lomba senam peregangan, lomba bulu tangkis, lomba tenis meja, lomba catur, lomba futsal, lomba Green Hospital dan lomba ramuan toga. 

 

Kontributor: WA - DR

 

Share this Post: