Berita Itjen

Itjen Selenggarakan Workshop Bertema “Putting Theory Into Practice : Risk Based Audit”

Itjen Selenggarakan Workshop Bertema “Putting Theory Into Practice : Risk Based Audit”

Jakarta (29/8) - Bertempat di Manhattan Hotel Jakarta, Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Center For Risk Management Studies Indonesia (CRMS Indonesia) mengadakan Workshop “Putting Theory Into Practice:Risk Based Audit” . Workshop ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2018.

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI, drg. Oscar Primadi, MPH membuka kegiatan ini dihadapan seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Turut hadir pula Inspektur I, Edward Harefa, SE, MM, CFrA ,serta eselon III dan IV dilingkungan Itjen Kemenkes. Peserta yang hadir dalam workshop ini sebanyak 25 orang Auditor.

 

Tujuan diadakan Workshop ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM pengawasan di lingkungan Itjen; meningkatkan kualitas audit yang akan dilakukan; dan dapat mengembangkan PKPT Audit sesuai dengan manajemen risiko.

Dalam sambutannya, Irjen menyampaikan pengawasan pelaksanaan yang dilakukan pada pembangunan kesehatan secara menyeluruh sesuai rencana yang telah ditetapkan harus dilakukan penilaian-penilaian. Apakah kegiatan sudah sesuai dengan tupoksinya secara efektif dan efisien. “Upaya-upaya untuk menjamin dan menyakinkan apakah semuanya sudah berlangsung dengan baik dan benar. Harus ada kontribusi dari  semua unit, level dan jenjang. Dalam melaksanakan fungsi ini semua aktifitas yang kita lakukan pasti menghadapi risiko”, pungkas Irjen dalam sambutannya.

 

Beliau menyampaikan tentang regulasi-regulasi yang berkenaan dengan pengawasan melalui PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang mengamanatkan agar setiap instansi pemerintah wajib menerapkan SPIP dan penilaian risikonya. Risk-based-audit atau Audit Berbasis Risiko adalah metodologi pemeriksaan yang dipergunakan untuk memberikan jaminan bahwa risiko telah dikelola dalam batasan risiko yang telah ditetapkan manajemen pada tingkat organisasi. Materi workshop ini terdiri dari 9 materi yaitu:

- Introduction to Risk Management dan Risk Based Internal Audit
- Risk Management Framework Based on SNI ISO 31000
- Practising Risk Assessment
- Risk Based Audit – Annual Plan
- Annual Plan – Exersice
- Risk Based Audit – Execution
- Execution – Exercise
- Audit Plan and Execution – Presentation and Discussion
- Audit Grading Overview and Summary

Harapan dari pelaksanaan workshop ini agar ilmu-ilmu yang didapat dalam workshop ini dapat di implementasikan dalam penugasan pendampingan pada satker-satker Kementerian Kesehatan RI.       

 

Kontributor : WA, IW

Share this Post: