Berita Itjen

Jalin Silahturahmin Irjen adakan Halal bi Halal Secara Virual dengan seluruh Pegawai Itjen

Jalin Silahturahmin Irjen adakan Halal bi Halal Secara Virual dengan seluruh Pegawai Itjen

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Selasa (9/6) Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan mengadakan silahturahmi pasca lebaran atau biaya disebut dengan  Halal bi Halal, yang dilakukan secara virtual. Acara kali ini memang terasa berbeda karena sejak terjadinya Pandemic Covid 19 di Indonesia, pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap melaksanakan kegiatan #dirumahaja dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. Salah satunya adalah dengan mengadakan rapat atau pertemuan yang membutuhkan perhatian atau disaksikan banyak orang dengan melalui zoom meeting di rumah masing-masing.

Acara halal bihalal ini diikuti oleh seluruh pegawai Itjen Kemenkes para pimpinan Itjen dan Komite Audit Kemenkes RI dengan dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kemenkes RI, Murti Utami.

Dalam sambutannya Irjen menyampaikan bahwa komite ini merupakan sebuah komitmen yang harus dijalani untuk memperbaiki kinerja & fungsi Itjen serta bisa bermanfaat bagi pegawai Itjen dan di luar Itjen.

Selain itu momentum ini dimanfaatkan juga sebagai ajang sosialisasi mengenai kesiap siagaan Inspektorat Jenderal dalam menghadapi persiapan pengaturan kegiatan kantor dalam tatanan normal baru di lingkungan Itjen Kmenekes RI. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Itjen,

Heru Arnowo, berikut hal-hal yang akan dilakukan Itjen diantaranya:

  1. Pemasangan Mesin Absensi  Face Recognition
  2. Assessment Risiko Covid-19 Bagi Seluruh Pegawai Sebagai Dasar Pengaturan Sistem Kerja Pegawai
  3. Pengaturan Tempat Kerja dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 (Pengaturan Meja Kerja, Penyediaan Hand Sanitizer, Desinfeksi Ruang Kerja, Deteksi Suhu tubuh dll)
  4. Penentuan pegawai yang WFO dan WFH oleh Tim atau atasan langsung sesuai kriteria, Bagi pegawai yang WFH agar diberikan penugasan oleh atasan langsung dan dimonitor secara berkala.
  5. Memaksimalkan TNDE untuk Layanan Persuratan
  6. Menyesuaikan alokasi anggaran untuk pengaturan tatanan  normal baru di lingkungan Itjen

Halal Bihalal ini juga dihadiri oleh Direktur P2M Keswa & Napza Fidiansjah Mursjid. Beliau memberikan paparan mengenai  TOP Pasca Ramadhan di Era New Normal. Dalam paparannya beliau juga menjelaskan mengenai kesehatan jiwa, salah satunya adalah menghadapi stress. Stress adalah setiap keadaan atau peristiwa yang menyebabkan perubahan dalam kehidupan seseorang sehingga ia harus mengadakan reaksi penyesiuaian menghadapi keadaan tersebut.

Beliau menjelaskan bahwa ciri-ciri sehat akan jiwa adalah: merasa nyaman terhadap dirinya; dapat menerima orang lain apa adanya; merasa nyaman berhubungan dengan orang lain; menyadari kemampuan diri; mampu menghadapi tantangan hidup/stres, baik pikiran, perasaan, maupun perilaku; mempunyai sikap positif terhadap diri dan orang lain; mampu memenuhi kebutuhan hidup

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan doa dan silaturahmi virtual antar sesama pegawai yang hadir. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala. (JP)

Share this Post: