Berita Itjen

Kemenkes Adakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke 90

Kemenkes Adakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke 90

Dalam Rangka memperingati Hari Sumpah pemuda Ke-90 tahun, Kementerian Kesehatan melakukan upacara yang diselenggarakan di lapangan upacara Kemenkes RI. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala PPSDM Kesehatan, Usman Sumantri dengan diikuti oleh pegawai Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkes. Petugas upacara terdiri dari gabungan perwakilan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno Hatta, KKP Kelas I Tanjung Priok, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional dan Politeknik Kesehatan Jakarta I.

Pada tahun ini Sumpah Pemuda mengusung tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia. Tema tersebut diambil berdasarkan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokrasi, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaaan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang  Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya Menteri Pemuda Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan menjelaskan bahwa revolusi mental yang dicanangkan  oleh Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing, oleh karena itu revolusi mental dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan keasatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik”, tutup  Bapak Usman. (JP/GLAN)

Share this Post: