Berita Itjen

Kemenkes Harus Dapat Terus Menggelorakan Semangat Antikorupsi

Kemenkes Harus Dapat Terus Menggelorakan Semangat Antikorupsi

Jakarta (Selasa 4/12), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar hajatan besar dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2018 yang digelar di Jakarta.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 4 s.d 5 Desember 2018 ini mengambil Tema “Menuju Indonesia Bebas dari Korupsi”. Adapun rangkaian kegiatan pada hari pertama adalah; Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK), International Business Integrity Conference (IBIC), Lelang barang rampasan Negara dan Gratifikasi, Festival Media Digital Pemerintah, serta pemberian penghargaan kepada K/L di bidang LHKPN danGratifikasi.

Kegiatan HAKORDIA 2018 kali ini melibatkan sekitar 57 Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah, 20 organisasi masyarakat sipil dan pusat kajian antikorupsi, serta 16 perwakilan partai politik

Acara HAKORDIA dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi oleh para Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Kerja. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa upaya melakukan pemberantasan korupsi harus dilakukan bersama-sama oleh KPK, instansi, 'civil society',  maupun masyarakat luas.

"Saya ingin sebetulnya memang ada contoh satu Kabupaten, contoh satu Kota, satu Provinsi, satu Kementerian yang digarap habis sistem kerjanya, sistem pelayanan, kecepatan perizinannya, satu-satu dijadikan contoh, yang lain suruh copy, mendampingi KPK," kata Presiden Jokowi.

Sekretaris Jenderal, Oscar Primadi yang mewakili Menteri kesehatan hadir dalam acara tersebut dan berharap, agar Kemenkes dapat mewujudkan keinginan Presiden untuk dapat menjadi contoh bagi Kementerian lain.

“Semua harus menyadari korupsi, pungli, gratifikasi atau apapun itu yang berkonotasi dapat membuat rakyat susah, harus terus diperangi, harus terus digelorakan semangat antikorupsi, karena kita punya langkah-langkah yang sangat baik. TERUTAMA ITU JAGA DIRI, JAGA TEMAN DAN JAGA KEMENKES”, terangSekjen.

Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan yang berperan terkait Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi kembali berperan serta pada kegiatan HAKORDIA tahun 2018 ini, berkolaborasi  dengan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat serta Badan PPSDM Kesehatan.

Pada kesempatan ini, Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi atau kampanye kegiatan Pencegahan Korupsi di Kementerian Kesehatan tentang LHKPN serta Sosiaisasi Permenkes Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Sponsorship Bagi Tenaga Kesehatan dan sebagai media publikasi prestasi yang telah diraihnya.

 (AAB, JP)

 

Share this Post: