Berita Itjen

Kemenkes Komitmen Tangkal Fraud dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan

Kemenkes Komitmen Tangkal Fraud dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan

Tangerang (28/11) Inpektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI mengadakan  Kegiatan sosialisasi dan Advokasi Tata Kelola Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) Program JKN yang diselenggarakan pada tanggal 28 – 30 November 2019, yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan, Pemegang Program JKN di Dinkes Provinsi dan Inspektorat Provinsi  dari 34 Provinsi, Deputi Direksi Wilayah BPJS, serta RS Vertikal Kemenkes RI .

Acara ini dibuka secara langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH dengan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal, drg. Oscar Primadi, MPH, Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan, dr. Kalsum Komaryani, MPPM, Sekretaris Itjen, dan Para Inspektur di Lingkungan Kementerian Kesehatan serta seluruh hadirin tamu undangan.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya Kementerian Kesehatan untuk mendorong Permenkes Nomor 16 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) Serta Pengenaan Sanksi Administrasi Terhadap Kecurangan (Fraud) Dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan dapat segera diimplementasikan oleh semua pihak baik di tingkat pusat maupun daerah.

Dalam Sambutannya Inspektur Jenderal berharap dengan adanya pertemuan ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan sosialisasi di masing-masing dinas kesehatan kabupaten kota, BPJS, Rumah Sakit Vertikal Kemenkes dan RSUD Kabupaten/Kota, RSUD Provinsi, Rumah Sakit Swasta, Puskesmas, Klinik, Fasilitas Kesehatan Lainnya, serta pemangku kepentingan lainnya, sehingga implementasi Permenkes 16/2019 dapat dilaksanakan dengan baik.

“Setelah kegiatan sosialisasi ini diharapkan semua pihak dapat memahami serta mengimplementasikan ketentuan dalam Permenkes tersebut terutama berkaitan dengan pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kecurangan (Fraud) yang akan menjadi motor penggerak terlaksananya aspek akuntabilitas dalam tata kelola Program Jaminan Kesehatan Nasional”, Jelas Irjen.

Diharapkan dengan terbitnya Permenkes Nomor 16 tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanganan Kecurangan serta Pengenaan Sanksi Administrasi terhadap Kecurangan Dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan diharapkan dapat mengatasi segala bentuk penyimpangan yang ada dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan, agar pelaksanaan program JKN dapat berjalan dengan baik.

Selain membuka acara Inspektur Jenderal memberikan paparan terkait materi mengenai Advokasi Pembentukan Tim Pencegahan Dan Penanganan Fraud Dalam Mendukung Program Jkn Dan Paparan Mengenai Kebijakan Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional Yang Disampaikan Oleh Sekretaris Jenderal. Diakhir Acara Ibu Irjen dan Bapak Sekjen Menandatangani Komitmen Bersama Untuk Menjalankan Program Jkn Dengan Baik Sehingga Terhindar Dari Fraud

Sebagai wujud komitmen antara pusat dan daerah dalam memberantas fraud dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional maka maka Kemenkes telah membentuk Tim pencegahan dan Penanganan  Kecurangan (Fraud) Tingkat Pusat dalam Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan  yang tertuang dalam Kepmenkes No. HK.01.07/MENKES/718/2019, diakhir acara dilaksanakan penanda tanganan komitmen bersama untuk mengawal terjadinya Fraud  dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan. (JP, LY)

Share this Post: