Berita Itjen

Kemenkes Raih Level 3 Pada Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP

Kemenkes Raih Level 3 Pada Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP

Bertepatan dengan acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasional Program (RakorPOP) yang diselenggarakan (23/11) di Bogor, Jawa Barat. Kepala Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan (BPKP) Ardan Adiperdana menyerahkan sertifikat kepada Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek dan Plt. Inspektur Jenderal, Oscar Primadi atas keberhasilan Kementerian Kesehatan dalam dalam mencapai level 3 atas  Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

Pada Kesempatan tersebut Ketua BPKP menjelaskan diberikannya sertifikat tersebut berdasarkan pada Undang-Undang Perbendaharaan No. 60 tahun 2008 tentang SPIP. Esensi dalam Undang-undang tersebut mengungkapkan bahwa  ada 2 (dua) pilar penting yang dapat mengawal akuntabilitas keuangan negara yaitu, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Aparatur Pengawas Intern Pemerintah. Yang selanjutnya ke dua pilar tersebut diukur dengan nilai leveling terendah 1 dan tertinggi level  5.

“ Saat ini Kemenkes telah mencapai level 3, tentunya ini tidak lepas dari komitmen Ibu Menteri dalam menerapkan SPIP dilingkungan Kemenkes dan mendorong Itjen untuk dapat selalu meningkatkan kapabilitas APIP”, ujar Pak Kepala BPKP.

SPIP dan APIP, lanjut Ardan akan gagal apabila terjadi pengabaian, kolusi dan intervensi dalam pengelolaan keuangan negara.

“Sistem (SPIP dan APIP) akan hancur kalau ada pengabaian dari pimpinan, yakni jajaran dirjen, direktur, dan kepala dinas. Kedua kalau ada kolusi antar para pihak yang menjalankan sistem ini. Jadi kolusi akan menyebabkan sistem ini tidak optimal. Yang terakhir intervensi, kalau ada intervensi artinya pimpinan melakukan intervensi terhadap berjalannya sistem. Ketiga hal ini yang akan membuat sistem  akan hancur,” ucap Ardan

Diakhir sambutannya Kepala BPKP memberikan ucapkan selamat kepada Kemenkes RI atas pencapaian yang telah diperoleh, karena secara nasional target pencapaian SPIP dan APIP adalah tahun 2019 seluru K/L dapat mencapai level 3, namun kemenkes berhasil mencapai sebelum batas waktu yang ditentukan.

Berdasarkan UU No 60 Tahun 2018 Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Inspektorat Jenderal atau nama lain yang secara fungsional melaksanakan pengawasan intern adalah aparat pengawasan intern pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada menteri/pimpinan lembaga.

Semoga dengan dicapainya prestasi tersebut Kemenkes tidak terlalu cepat berpuas diri dan terus berusaha menjadikan Kemenkes lebih baik lagi dalam pengelolaan dan pengawasan keuangan negara,, salam sehat tanpa korupsi… *foto: Biro Komunikasi dan pelayanan Masyarakat* (JP,GT)

Share this Post: