Berita Itjen

Kemenkes Raih Opini WTP Ke 8

Kemenkes Raih Opini WTP Ke 8

Rabu (30) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan TA 2020, yang dilakukan secara virtual, dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim; Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Penny K. Lukito. Penyerahan LHP dipimpin secara langsung oleh Anggota VI BPK, Harry Azhar Azis.

Penyerahan LHP tersebut dilakukan berdasarkan telah selesainya BPK melakukan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan Tahun 2020 di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Dl Yogyakarta, Sumatera Selatan, Sulawesi selatan dan Bali.

Dalam sambutannya, Anggota VI menjelaskan bahwa tujuan pemeriksaan keuangan adalah untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan dengan memperhatikan kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Kecukupan pengungkapan, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan Efektivitas Sistem Pengendalian Intern.

Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun 2020, pada Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Seluruh tahapan dalam rangka memberikan opini telah dilakukan review berjenjang untuk menjamin pelaksanaan sesuai dengan SPKN.

Pada akhir sambutannya BPK mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan dalam mempertahankan opini Wilayah Tanpa Pengecualian selama 8 tahun berturut-turut.

“Saya berharap agar Laporan Hasil Pemeriksaan ini dapat dimanfaatkan dalam rangka penyempurnaan pengelolaan anggaran dan pelaksanaan tugas dan fungsi demi mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan”, tutup Harry Azhar Azis

Selain Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan bersama menerima penyerahan LHP tahun anggaran 2021 dan sama-sama memperoleh opini WTP. (JP)

Share this Post: