Berita Itjen

Kementerian Kesehatan Duduki Peringkat Satu SPI Kategori Kementerian/Lembaga

Kementerian Kesehatan Duduki Peringkat Satu SPI Kategori Kementerian/Lembaga

Selasa (1/10) Komisi Pemberantasan Korupsi merilis hasil survey Penilaian Integritas (SPI) tahun 2018, di Kantor KPK. Survei tersebut sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi terhadap 6 Kementerian/Lembaga dan 20 Pemerintah Provinsi. Kementerian Kesehatan menempatkan posisi pertama yang memiliki indeks integritasKementerian/Lembaga tertingggi dengan nilai rata-rata 74,75. Turut hadir dalam acara tersebut Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, Murti Urami dan Sekretaris Inspektorat Jenderal, Heru Arnowo.

SPI ditujukan untuk mengidentifikasi area rentan korupsi dan indikator keberhasilan pencegahan korupsi, yang dilakukan oleh Direktorat Penelitian Pengembangan KPK dibantu Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kurun waktu 2 bulan yaitu pada bulan Oktober.

“Metode yang dilakukan untuk survei ini melalui wawancara mendalam dan pengambilan sampel responden acak”, tutur Wawan Wardiana sebagai Direktur Penelitian dan Pengembangan KPK.

Responden yang diwawancara  terdiri dari internal responden dan eksternal responden. Dari internal disebutkan responden yang masa kerjanya minimal 1 tahun dan memberikan pelayanan dalam unit yang disampel, sedangkan dari eksternal adalah responden yang memiliki pengalaman dilayani unit yang disampel minimal 1 kali dalam 12 bulan terakhir serta tidak menggunakan jasa biro atau calon.

Hasikl survey ditampilkan dengan skala 0-100. Semakin tinggi angka indeksnya maka menunjukan tingkat integritas yang semakin baik. Bila angka indeknya rendah maka menunjukan tingkat interitas yang lebih buruk atau lebih rawan terjadi korupsi.

Berikut hasil Survei Penilaian Integritas Kategori Kementerian/Lembaga:

  1. Kementerian Kesehatan                     : 74,75
  2. Kemenkeu (Ditjen Bea Cukai)             : 70,2
  3. Kementerian Perhubungan                 : 66,99
  4. Badan Pertahanan Nasional               : 64,67
  5. Mahkamah Agung                               : 61,11

 

 

Share this Post: