Berita Itjen

Kementerian Kesehatan Terus Mengupayakan Inovasi Untuk Mencapai Indikator Dengan Maksimal

Kementerian Kesehatan Terus Mengupayakan Inovasi Untuk Mencapai Indikator Dengan Maksimal

Jakarta 14/12, Kementerian Kesehatan pada hari Jumat ini menyelenggarakan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2019, Perjanjian Kinerja Tahun Anggaran 2019, dan Kick Off Penyusunan Rencana Strategi (Renstra) Kementerian Kesehatan 2020-2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Siwabessy Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan yang dihadiri oleh Staf Khusus Menteri, Staf Ahli, dan Pejabat Eselon I hingga III, serta para pejabat fungsional.

Penyerahan DIPA dan Perjanjian Kinerja ini dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Jenderal, Oscar Primadi, dan dilanjutkan dengan arahan dari Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Dalam arahannya Menteri Kesehatan berkata, “Capaian sasaran pokok RPJMN dapat terus diupayakan agar pencapaian target dapat terlaksana dan tentu kita harus membuat inovasi serta terobosan semaksimal mungkin”.

Menteri Kesehatan kemudian mereviu capaian sasaran pokok RPJMN tahun 2015-2019, dimana 63% yaitu 12 dari 19 indikator dinilai sudah on track, namun sisanya 16% masih berwarna kuning, yang artinya masih perlu upaya keras, dan sayangnya masih 21% berwarna merah, dimana capaian sasaran sulit dicapai. Beliau mengarahkan bahwa dalam evaluasi dan laporan akhir tahun 2018 ini agar administrasi dan laporan keuangan segera diselesaikan, kemudian menginventarisir capaian program, menganalisa dan mengevaluasi program, serta mengambil pelajaran sebagai best practice  dan lesson learned.

Sekretaris Jenderal juga menginformasikan bahwa alokasi anggaran yang diterima Kementerian Kesehatan tahun 2019 adalah sebesar Rp.58,74 Triliun dan kemudian dijelaskan lebih lanjut oleh Menteri Kesehatan bahwa 60,63% adalah untuk program prioritas nasional.

Di sela-sela kegiatan tersebut, seperti biasa diadakan peregangan untuk menjaga kesehatan pegawai Kementerian Kesehatan yang diikuti seluruh pegawai yang hadir. Kemudian rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan Kick Off Penyusunan Renstra Kemenkes.

Sebelum ditutup, Menteri Kesehatan juga menyampaikan pesan dari Presiden, dimana beliau menyampaikan bahwa program harus dipersiapkan dengan baik, proses lelang pengadaan dimulai lebih awal, penggunaan anggaran berfokus pada dampak nyata, anggaran diprioritaskan untuk kegiatan utama, jangan ada korupsi, penyalahgunaan anggaran, pemborosan, mark up, perbuatan menyimpang, dan terakhir beliau berpesan bahwa penggunaan anggaran perlu pengawasan.

(GT/JP)

Share this Post: