Berita Itjen

Kunjungan Tim Unit Pengendalian Gratifikasi Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan dalam rangka Studi Banding Program Pengendalian Gratifikasi Ke Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan

Kunjungan Tim Unit Pengendalian Gratifikasi Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan dalam rangka Studi Banding Program Pengendalian Gratifikasi Ke Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan

Jakarta, 6 Februari 2018- Dalam rangka meningkatkan efektifitas pelaksanaan pengendalian gratifikasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan mengirimkan perwakilan untuk mengadakan studi banding ke Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan UPG dan benturan kepentingan pada pelaksanaan gratifikasi. Inspektorat Jenderal Kemenkes dalam hal ini  di wakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian, Dede Mulyadi, SKM, M.Kes ; Kepala sub Bagian APTLHP I Kanser Arif Ardiyanto, SKM dan Tim UPG Itjen Kemenkes. Dari Kementerian Perhubungan Tim UPG yang hadir di pimpin oleh Martina selaku Auditor Madya beserta 3 orang pelaksana.Jakarta, 6 Februari 2018- Dalam rangka meningkatkan efektifitas pelaksanaan pengendalian gratifikasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan mengirimkan perwakilan untuk mengadakan studi banding ke Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan UPG dan benturan kepentingan pada pelaksanaan gratifikasi. Inspektorat Jenderal Kemenkes dalam hal ini  di wakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian, Dede Mulyadi, SKM, M.Kes ; Kepala sub Bagian APTLHP I Kanser Arif Ardiyanto, SKM dan Tim UPG Itjen Kemenkes. Dari Kementerian Perhubungan Tim UPG yang hadir di pimpin oleh Martina selaku Auditor Madya beserta 3 orang pelaksana.

 

Kepala Bagian Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian, Dede Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan periode awal terbentuknya Unit Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan dimulai dengan dikeluarkannya SK Irjen tentang pembentukan UPG pada  tahun 2013. Pada tahun 2014 Kemenkes menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Hal ini menindaklanjuti himbauan Pimpinan KPK terkait gratifikasi kepada seluruh K/L.

Inspektorat Jenderal sebagai UPG Koordinator bertugas mengkoordinasikan pelaksanaan pengendalian gratifikasi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Kerja keras itu membuahkan hasil dengan mendapatkan Penghargaan dari KPK untuk kategori K/L untul Pelaporan Gratifikasi secara Online tahun 2013, UPG terbaik dan pelaporan terbanyak tahun 2014, selain itu pada tahun 2015  Kemenkes mendapatkan penghargaan Pelaporan dengan nilai Gratifikasi terbesar urutan ke-3,  pada tahun 2016 dan 2017 Kemenkes mendapatkan penghargaan dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik.

Keberhasilan Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Kemenkes tak lepas dari beberapa hal berikut :

  1. Komitmen Semua Pihak termasuk mitra kerja harus dibangun untuk mendukung UPG
  2. Pimpinan dan pengelola UPG diharapkan menjadi Role Model dalam pengendalian Gratifikasi.
  3. Pendidikan Budaya Antikorupsi perlu dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pegawai dalam pencegahan korupsi.
  4. Agar UPG dapat berperan optimal, maka peningkatan kapasitas UPG perlu dilaksanakan secara terus menerus.
  5. Monitoring dan evaluasi UPG perlu terus dilaksanakan untuk melihat sejauh mana UPG telah menjalankan tugas dan fungsinya.

Beberapa hal yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan terkait pengendalian gratifikasi di antaranya adalah mengatur kebijakan pengendalian gratifikasi, internalisasi aturan dan kebijakan pengendalian gratifikasi, serta identifikasi titik rawan gratifikasi di seluruh unit eselon I di lingkungan Kemenkes.

Selain itu untuk mendukung kebijakan pelaksanaan pengendalian program gratifikasi di lingkungan Itjen Kemenkes telah dibuat perjanjian untuk tidak memberi dan menerima apapun selama penugasan.

Dengan diadakannya studi banding ini diharapkan dapat menjadi media komunikasi antara Tim UPG Kemenhub dan Tim UPG Kemenkes dalam  program pengendalian gratifikasi dan pencegahan korupsi.

 

 

Share this Post: