Berita Itjen

Membangun Komitmen, Integritas dan Profesionalisme Aparatur Pengawasan Dalam Mengawal Tata Kelola Kementerian Kesehatan Yang Baik dan Bersih

Membangun Komitmen, Integritas dan Profesionalisme Aparatur Pengawasan Dalam Mengawal Tata Kelola Kementerian Kesehatan Yang Baik dan Bersih

Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM  di Hotel Seruni Puncak pada tanggal 12-15 Maret 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Inspektorat Jenderal dari mulai eselon II, eselon III, eselon IV, pejabat fungsional dan staf.

Kegiatan peningkatan kapasitas SDM tahun 2019 ini mengambil tema “Membangun Komitmen, Integritas dan Profesionalisme Aparatur Pengawasan Dalam Mengawal Tata Kelola Kementerian Kesehatan Yang Baik dan Bersih”

Dengan tema tersebut diharapkan agar kegiatan yang dilaksanakan saat ini dapat mendorong internalisasi unsur-unsur kompetensi sosio-kultural dalam diri para pegawai Itjen yang meliputi sistem integritas & manajemen diri, keteladanan dan kepeloporan, membangun budaya organisasi, serta membangun karakter kepribadian & nasionalisme pelayanan publik.

Acara Peningkatan Kapasitas SDM dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Murti Utami, MPH. Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal Menyampaikan arahan bahwa Titik berat dari tata kelola pemerintahan yang baik adalah pada upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemberantasan korupsi secara terarah, sistematis dan terpadu. Reformasi Birokrasi akan sulit terwujud bila tata kelola pemerintahan masih terdapat peluang terhadap praktik-praktik Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Beliau juga menyampaikan bahwa Saat ini Inspektorat Jenderal memiliki peran sangat penting dan strategis untuk mengawal tata kelola Kementerian Kesehatan yang baik dan bersih. Peran strategis tersebut perlu didukung oleh SDM yang berintegritas, profesional serta dapat bekerjasama dalam tim. Kekompakan dan kerjasama tim merupakan modal penting yang dibutuhkan dalam mendukung tugas Inspektorat Jenderal yang semakin berat. Kompleksitas permasalahan pengawasan di lingkungan Kementerian Kesehatan saat ini membutuhkan pendekatan keilmuan dan keterampilan multi disiplin serta praktik-praktik profesional yang didukung berbagai bidang keahlian.

 

Turut memberikan pembekalan kepada seluruh pegawai Inspektorat Jenderal adalah Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr.Muhammad Yusuf.S.H., M.M. Dalam materi yang disampaikan Irjen KKP, Menjadi Pribadi Yang Menginspirasi Pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Di Lingkup Itjen Kemenkes.

Dalam paparannya Irjen KKP, menyampaikan bahwa Inspektorat jenderal harus bisa menjadi mata dan telinganya Menteri, sehingga kebijakan pengawasan mengikuti kebijakan Menteri dan Fokus pengawasan Itjen harus merespon perubahan di lingkungan. Beliau juga berpesan bahwa Inspektorat Jenderal harus bisa mendapatkan mutual Trust  di lingkungan Internal Kementerian Kesehatan. Jika sudah mendapatkan Trust, maka pada akhirnya Kementerian Kesehatan dapat menjadi Institusi yang bisa kita banggakan. (HA)

 

 

Share this Post: