Berita Itjen

Menkes melantik pejabat tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan

Menkes melantik pejabat tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan

Jakarta, 1 Februari 2019, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek melantik 1 orang Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan 5 orang Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Kementerian Kesehatan yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Dr. J. Leimena, Gd. Dr. Adhyatma, MPH. Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan POM, Plt. Kepala BKKBN, Ketua KKI, para pimpinan tinggi Madya dan Pratama Kementerian Kesehatan, serta para Pimpinan BUMN.

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Inspektur Jenderal (Murti Utami), yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal. Pelantikan tersebut disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keseharan, Oscar Primadi dan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kirana Pritasari.

Berikut ini adalah daftar nama pejabat yang dilantik:

1. drg. Murti Utami, MPH sebagai Inspektur Jenderal
2. dr. Eni Gustina, MPH menjadi Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat
3. Suhartati, S.Kp, M.Kes menjadi Kepala Biro Kepagawaian Sekretariat Jenderal
4. Drs. Sudarto, MM menjadi Direktur Keuangan RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung
5. dr. Zubaedah, Sp.P, MARS menjadi Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr. Muhammad Husein Palembang
6. DR.dr H.M Alsen Arlan Sp.B, KBD, MARS menjadi Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Persahabatan Jakarta

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat tinggi Madya dan Pratama yang dilaksanakan tersebut yaitu dalam rangka promosi dan rotasi pejabat struktural di lingkungan Kementerian Kesehatan. Dengan pengalaman para pejabat terpilih, Menkes optimis tugas-tugas Kementerian Kesehatan dapat segera dimulai dan dilaksanakan sehingga memberikan dampak positif bagi kemajuan kinerja Kementerian Kesehatan. Selain itu, amanah yang dipercayakan pada pejabat terpilih diharapkan agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab, integritas, dedikasi yang tinggi, serta komitmen untuk bersedia bekerja keras dan cerdas dalam melaksanakan tugas dengan berpedoman pada kebijakan yang telah ditetapkan dalam Renstra Kementerian Kesehatan sehingga hasil kerja dalam rangka pembangunan kesehatan dapat dipertanggungjawabkan serta bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara.

Menkes menambahkan, dengan dilantiknya Murti Utami sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan diharapkan Inspektorat Jenderal dapat berperan lebih strategis dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan akuntabel. Inspektur Jenderal juga harus menjadi unit terdepan dalam mengawal pelaksanaan pengawasan internal di lingkungan Kementerian Kesehatan. Salah satu upaya yang harus dilakukan yaitu meningkatkan peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang tidak hanya melaksanakan fungsi pengawasan yang biasanya berfokus pada hasil temuan tapi juga harus lebih memastikan bahwa permasalahan yang ada mendapatkan asistensi dan pelayanan konsultasi yang memadai terhadap masalah yang dihadapi oleh unit kerja di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Segenap keluarga besar Inspektorat Jenderal mengucapkan selamat atas dilantiknya Ibu Murti Utami sebagai Irjen. Semoga amanah dan memberikan pengaruh positif bagi Inspektorat Jenderal pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

(LG, GT)

Share this Post: