Berita Itjen

Menkes Serahkan Laporan Keuangan Unaudited Kementerian Kesehatan TA 2017 Kepada BPK RI

Menkes Serahkan Laporan Keuangan Unaudited Kementerian Kesehatan TA 2017 Kepada BPK RI

Senin (26/2), bertempat di Auditorium lantai 2 Gedung Tower Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah diadakan acara Penyerahan Laporan Keuangan Unaudited TA 2017 Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan BPOM kepada BPK RI. Acara ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan, Inspektur Jenderal Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH dan para pejabat Eselon I dan II dilingkungan Kemenkes RI.

Acara dibuka oleh Ketua BPK RI Dr. H. Harry Azhar Azis M.A. dalam kesempatan itu beliau menyampaikan suatu prestasi bagi Kementerian Kesehatan yang telah memperoleh 4 kali opini audit Wajar tanpa Pengecualian (WTP), sedangkan BPOM telah memperoleh 3 kali WTP, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memperoleh 4 kali WTP. Sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa WTP diharapkan menjadi kewajiban, yang artinya jika Kementerian / Lembaga / Pemerintah daerah belum mencapai WTP berarti belum melaksanakan kewajiban.

Pada kesempatan yang sama Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K), menyampaikan bahwa Laporan Keuangan ini telah disusun dan disajikan dengan berbasis akrual sehingga akan mampu menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat dan akuntabel. Diharapkan Kementerian Kesehatan terus menerus melakukan perbaikan dan pembenahan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pada setiap periode pelaporan keuangan, sehingga diharapkan Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan mendapat opini dari BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dengan diadakannya acara penyerahan laporan keuangan unaudited TA 2017 Kementerian Kesehatan RI, ini diharapkan agar dapat memberikan informasi yang berguna kepada para pengguna laporan khususnya sebagai sarana untuk meningkatkan akuntabilitas / pertanggungjawaban dan transparansi pengelolaan keuangan negara pada Kementerian Kesehatan. (LG, JP)


 

 

Share this Post: