Berita Itjen

Menuju Indonesia yang Lebih Sehat, Menteri Kesehatan Melaunching Siaran Radio Kesehatan dan Meresmikan Ruang Pers Kementerian Kesehatan

Menuju Indonesia yang Lebih Sehat, Menteri Kesehatan Melaunching Siaran Radio Kesehatan dan Meresmikan Ruang Pers Kementerian Kesehatan

Jakarta (23/2), Menindaklanjuti Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang menjadi pedoman setiap Instansi dalam hal penyampaian informasi kepada seluruh masyarakat. Kementerian Kesehatan terus membuat inovasi dalam implementasi keterbukaan informasi publik tersebut dengan tetap menjaga agar penyampaian informasi yang disampaikan tidak menjadi informasi hoax yang merugikan masyarakat.

Jum’at, 23 Februari 2018 Menteri Kesehatan Prof.DR.dr. Nila Djuwita F.Moeloek, Sp.M(K)., dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes dan Inspektur Jenderal Kemenkes melaunching Siaran Radio Kesehatan (SRK) dengan slogan “Menyampaikan Berita Ke Pelosok Negeri Hingga Dunia”. Dalam perjalanannya gagasan membuat program radio streaming ini muncul untuk menjawab tantangan jaman yang mau tidak mau Kementerian Kesehatan harus selalu berinovasi dalam hal penyampaian informasi, khususnya yang terkait erat dengan issue kesehatan baik di dalam ataupun di luar negeri. Atas dasar kebutuhan tersebut Kementerian Kesehatan melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkes pada awal tahun 2017 mulai merintis program siaran radio kesehatan versi streaming.

Dalam sambutan launching SRK, Menteri Kesehatan menyampaikan pesan kepada drg. Oscar Primadi, MPH sebagai Inspektur Jenderal Kemenkes yang baru, agar tetap membantu pengawasan serta perbaikan bagi terlaksananya Siaran Radio Kesehatan tersebut, walaupun saat ini beliau sudah tidak menjabat lagi sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkes. Menteri Kesehatan juga menyampaikan harapannya agar SRK ini nantinya akan bisa didengar di seluruh Indonesia bahkan di dunia, walaupun namanya generik/atau sederhana.

Setelah dilaunching, Siaran Radio Kesehatan ini mengudara di Gedung Utilitas Kementerian Kesehatan Jl. H.R. Rasuna Said, Blok X5 kavling 4-9 Jakarta Selatan. Siaran Radio Kesehatan dibangun dengan program berbasis web/internet (streaming), dengan alamat url http://radiokesehatan.kemkes.go.id/ atau dapat diunduh langsung melalui aplikasi mobile di android dengan masuk ke google play kemudian dicari dengan kata kunci Siaran Radio Kesehatan. Hal ini tentunya akan memudahkan bagi masyarakat di seluruh penjuru dunia untuk dapat mengakses siaran radio kesehatan tersebut.

Siaran radio kesehatan ini beroperasi di bawah pengawasan langsung Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan, diharapkan dengan mengudaranya radio kesehatan ini dapat menjadi jembatan bagi para pewarta/wartawan untuk dapat berbagi informasi kesehatan dan diharapkan kedepannya masyarakat luas akan dapat merasakan manfaat kemudahan dalam mencari informasi kesehatan tersebut. Hadirnya siaran radio kesehatan ini juga dapat menjadi terobosan baru bagi jajaran di Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan sumber informasi dalam mengawal terlaksananya program prioritas di Kementerian Kesehatan.

Selesai kegiatan launching SRK, Menteri Kesehatan melanjutkan acara peresmian Ruang Pers Kementerian Kesehatan dengan ditandai prosesi gunting pita. Pada  kesempatan yang sama Menteri Kesehatan melakukan Talk Show bersama dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan di dalam Ruang Pers yang baru diresmikan tersebut.

              

Kontributor: AR, AAB, DR

Share this Post: