Berita Itjen

Mudik Bersama Lebaran Tahun 1440H / 2019 M Kementerian Kesehatan RI

Mudik Bersama Lebaran Tahun 1440H / 2019 M Kementerian Kesehatan RI

Di hari kerja terakhir sebelum memasuki masa libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1440H, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) memberangkatkan 1837 karyawan/ti di lingkungan Kemenkes pada kegiatan Pulang Mudik Bersama di halaman Kantor Kemenkes, Jumat pagi (31/05).

Pada mudik Lebaran bersama tahun 2019 ini, kementerian Kesehatan menyediakan total sebanyak 43 Bus. Sebanyak 29 bus mudik dan 14 bus balik. Jumlah armada tersebut bertambah cukup signifikan di banding dengan tahun 2018. Jurusan bus mudik dan balik pada tahun 1440H/2019 M, antara lain jurusan Purworejo(PP), Yogyakarta (PP), Solo (PP), Surabaya (PP), lampung, Palembang dan Padang.

Acara mudik bersama pada tahun 2019 diawali dengan pembukaan oleh Inspektur Jenderal Kemenkes, drg. Murti Utami, MPH.  Dalam laporannya Irjen kemenkes menyampaikan “bahwa dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan para penumpang peserta mudik  termasuk pengemudi dan kondektur bus, telah dilakukan pemeriksaan kesehatan, berupa pemeriksaan darah dan urine.  Dan untuk memastikan kelayakan bus mudik telah dilakukan ram chek oleh tim dari Kementerian Perhubungan.”

Selanjutnya Menteri Kesehatan RI, Prof. D. Dr. Nila Farid Moeloek, SP.M(K) di dampingi para pejabat dilingkungan Kementerian Kesehatan melepas keberangkatan peserta program Mudik Lebaran Bersama. Sebelum pelepasan peserta mudik bersama 2019 Menteri Kesehatan memberi sambutan dan berpesan kepada para pengemudi dan penumpang bus. Menkes berpesan agar tetap mengutamakan keselamatan dan juga berpesan kepada penumpang agar selalu menjaga kesehatan, memelihara daya tahan tubuh dan selalu menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta tidak merokok selama perjalanan.

Pada akhir sambutannya Menkes juga mengingatkan kepada para pegawai agar masuk kerja tepat waktu yaitu pada tanggal 10 Juni 2019. Akan ada sanksi bagi pegawai yang terlambat atau tidak masuk kerja sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah, yaitu 10 Juni 2019.

Selamat mudik, semoga sehat di perjalanan, selamat sampai tujuan. Selamat berkumpul bersama keluarga. (HA)

Share this Post: