Berita Itjen

Pemagangan Auditor Batch 2: Wujud Implementasi Undang-Undang ASN dan Peningkatan Kompetensi SDM

Pemagangan Auditor Batch 2: Wujud Implementasi Undang-Undang ASN dan Peningkatan Kompetensi SDM

Jakarta (16/09) Sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara, Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan (Itjen Kemenkes) kembali menyelenggarakan kegiatan Pemagangan Auditor Batch 2 yang akan disebar ke satuan kerja (satker) terpilih di lingkungan Kementerian Kesehatan. Kegiatan ini didahului dengan rapat persiapan yang dipimpin oleh Inspektur Jenderal, Murti Utami.

Program Pemagangan Auditor ini dijelaskan secara detail oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal, Rarit Gempari, baik dari tujuan magang, tugas auditor selama magang, dukungan yang diharapkan dari satker dan Itjen sendiri, lokus magang, jadwal pelaksanaan kegiatan, serta aspek-aspek yang dinilai dan dievaluasi. Rapat persiapan ini turut mengundang para auditor yang akan melaksanakan pemagangan, satker yang akan menjadi lokus magang, serta perwakilan Unit Utama dari masing-masing satker tersebut.

Satker-satker yang akan menjadi lokus magang terdiri dari 6 satker, antara lain:

  1. RS Kanker Dharmais Jakarta
  2. RSAB Harapan Kita Jakarta
  3. RS Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta
  4. Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta
  5. Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta, dan
  6. Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II

Sekretaris Itjen Kemenkes mengatakan, tujuan dari Program Pemagangan Auditor ini adalah untuk meningkatkan kompetensi auditor dalam leadership, critical thinking, problem solving, dan transfer knowledge. Oleh karena itu beliau juga menyebutkan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan komponen penilaian umum dari Mentor Atasan Auditor/Penguji saat hasil magang dipresentasikan, serta penilaian dari Mentor Pembimbing Lapangan saat pelaksanaan pemagangan. Selain itu juga dibutuhkan profil kompetensi yang dimiliki oleh auditor dan hasil yang didapatkan selama pemagangan untuk rencana pengembangan karir mereka kedepannya. (GT)

Share this Post: