Berita Itjen

Pembangunan Kesehatan dalam Mempersembahkan Generasi Sehat Indonesia Unggul

Pembangunan Kesehatan dalam Mempersembahkan Generasi Sehat Indonesia Unggul

Jakarta (12/11) Sebagai rangkaian Hari Kesehatan ke-55 Tahun 2019 Kementerian Kesehatan melaksanakan kegiatan upacara yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto sebagai Inspektur Upacara di lapangan upacara Kementerian Kesehatan. Pelaksanaan upacara kali ini selain memperingati Hari Kesehatan Nasional, juga sekaligus memperingati Hari Pahlawan Nasional.

Rangkaian kegiatan Upacara Hari Kesehatan Nasional ini juga disertai dengan pemberian penghargaan satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Satya Lencana Karyasatya serta Bakti Karya Husada kepada Pegawai Negeri Sipil atas pengabdiannya dari Menteri Kesehatan RI. Menteri Kesehatan menyampaikan, bahwa pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. Tidak lupa juga beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dalam arahannya sebagai Inspektur Upacara, “Izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan kesehatan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di Pusat dan Daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Indonesia Unggul

 

Selanjutnya Menteri Kesehatan Bersama jajaran Pejabat Tinggi Madya, melanjutkan rangkaian kegiatan dengan  menghadiri Video Conference Kelas Ibu Hamil dan Balita Webinar Bersama Gubernur dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Banten, dan Lampung di Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan Pemberian Anugerah Menteri Kesehatan Tahun 2019 di Auditorium Siwabessy.

 

Acara Anugerah Menteri Kesehatan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal. Oscar Primadi selaku Ketua Panitia dan disusul sambutan dari Menteri Kesehatan. Penerima penghargaan Anugerah Menteri Kesehatan Tahun 2019 kali ini terdiri dari:

  1. Inovasi untuk Mewujudkan Keluarga Sehat
  2. Inovasi untuk Upaya Menurunkan Angka Kesakitan
  3. Inovasi untuk Pemberdayaan Masyarakat untuk Hidup Sehat
  4. Individu yang Berjasa dalam Bidang Kesehatan
  5. Daerah Percontohan Nasional Penguatan Sistem Pencatatan Kelahiran, Kematian, dan Penyebab Kematian
  6. Penghargaan Green Hospital (Kategori RS UPT Vertikal dan Rujukan Nasional, Kategori RSUD, RS TNI/POLRI dan RS K/L Lainnya, dan Kategori RS BUMN dan RS Swasta)
  7. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Berprestasi (Kategori Puskesmas Perkotaan, Kategori Puskesmas Pedesaan, Kategori Puskesmas Terpencil/Sangat Terpencil, dan Kategori Klinik Pratama)
  8. CSR Bidang Kesehatan Tahun 2019
  9. Klinik Pratama Tahun 2019 (Tingkat Kementerian, Tingkat Lembaga, dan Tingkat BUMN)

Sebagai Penutup Menteri Kesehatan menyampaikan harapannya, “Saya harapkan dengan adanya penghargaan seperti ini akan mendorong tumbuhnya sosok individu, pimpinan institusi, pimpinan daerah, maupun mitra kerja atau dunia usaha yang memiliki kepedulian, kegigihan serta daya juang dalam menyehatkan masyarakat untuk mencapai bangsa Indonesia yang kuat, sehat, dan sejahtera”. (GT & HA)

Share this Post: