Berita Itjen

Pencapaian Opini WTP yang ke-6: Kementerian Kesehatan Berkomitmen Meningkatkan Kinerja dalam Pelaksanaan Program dan Pelayanan Mutu Kesehatan

Pencapaian Opini WTP yang ke-6: Kementerian Kesehatan Berkomitmen Meningkatkan Kinerja dalam Pelaksanaan Program dan Pelayanan Mutu Kesehatan

Jakarta (24/6) Kementerian Kesehatan RI menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018 yang diserahkan secara langsung oleh Anggota VI BPK RI, Prof. DR. Harry Azhar Azis, MA. Acara yang bertempat di Auditorium BPK RI, Lt.2 Gedung Tower BPK dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan serta para pejabat tinggi madya dan pratama di Lingkungan Kementerian Kesehatan.Jakarta (24/6) Kementerian Kesehatan RI menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018 yang diserahkan secara langsung oleh Anggota VI BPK RI, Prof. DR. Harry Azhar Azis, MA. Acara yang bertempat di Auditorium BPK RI, Lt.2 Gedung Tower BPK dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan serta para pejabat tinggi madya dan pratama di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Dalam pidatonya, Anggota VI BPK RI mengatakan bahwa hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pada Kementerian Kesehatan, BPK RI dengan penuh keyakinan memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Harry mengharapkan kepada Pimpinan Kementerian Kesehatan agar laporan hasil pemeriksaan dapat dimanfaatkan dalam rangka penyempurnaan pengelolaan anggaran dan pelaksanaan tugas dan fungsi demi mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan. Atas nama BPK RI juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Kesehatan yang telah memberi perhatian dan dukungan dalam pelaksanaan tugas BPK RI dalam memeriksa pengelolaan keuangan negara.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Oscar Primadi, MPH, yang dalam hal ini mewakili Menteri Kesehatan untuk menerima LHP BPK tersebut, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya karena Kementerian Kesehatan telah berturut-turut selama 6 tahun meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. “Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari pembinaan dan bimbingan dari BPK RI, dan Kementerian Kesehatan telah dapat melalui dan menjalankannya dengan baik”, ungkap Oscar. “Opini WTP ini menunjukkan bahwa laporan keuangan Kementerian Kesehatan telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah dan berdasarkan pengendalian intern yang memadai serta kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang baik serta tidak adanya kesalahan yang dianggap material. Pencapaian ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja Kementerian Kesehatan dalam pelaksanaan program dan pelayanan mutu kesehatan kepada masyarakat”, tambahnya.

Prestasi tercapainya opini WTP akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di Lingkungan Kementerian Kesehatan, sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan. (LY)

 

 

Share this Post: