Berita Itjen

Peringatan HKN 2018,Menkes: meminta masyarakat waspada terhadap segala jenis penyakit.

Peringatan HKN 2018,Menkes: meminta masyarakat waspada terhadap segala jenis penyakit.

Pelaksanaan Upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 (12/11) dimulai pukul 08.00 WIB di lapangan upacara Kementerian Kesehatan RI di kawasan Jakarta Selatan, dengan mengambil tema “Aku Cinta Sehat”.  Menteri Kesehatan RI, Prof.Dr.dr. Nila Farid Moeloek,Sp.M(K) bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara dihadiri oleh seluruh Eselon 1 Kementerian Kesehatan RI, para mantan Menteri Kesehatan serta Pejabat Eselon 1 Kementerian Kesehatan, para pejabat Eselon 2-4, pejabat di UPT Kementerian Kesehatan serta perwakilan dari setiap unit utama Kementerian Kesehatan.

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Hari Kesehatan Nasional yang kita peringati setiap tanggal 12 November pada tahun ini mengambil tema "Aku Cinta Sehaf', dengan subtema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita". Tema ini sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program lndonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (P|S-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangu nan kesehatan. Kesempatan ini juga merupakan momentum yang baik untuk kita merenungkan dan introspeksi terhadap apa yang telah kita capai dalam pembangunan kesehatan.

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa, dalam membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa. Pelaksanaan GERMAS harus dimulaidaridiri kita sendiri, kemudian keluarga, tatanan masyarakat, dan akhirnya seluruh komponen bangsa.”, tutur Menteri Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Satuan Kerja Kementerian kesehatan yang telah memperoleh predikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Menteri Kesehatan. Satuan kerja tersebut adalah :

  1. Politeknik Kesehatan kemenkes Jakarta I;.
  2. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palangkaraya.
  3. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Yogyakarta;
  4. Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar;
  5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang;
  6. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV Yogyakarta;
  7. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan;
  8. Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal
  9. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKL PP) Jakarta;
  10. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Pinang.

Dalam akhir sambutannya menkes  mengajak semua pihak untuk memperkuat kerja sama, memperkuat sinergitas, dalam melakukan pembangunan kesehatan untuk mempercepat terwujudnya lndonesia Sehat. Semoga apa yang telah dan akan kita lakukan mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa. (AAB, JP)

Share this Post: