Berita Itjen

Pertemuan Peningkatan Kapasitas Asesor dan Agent of Change (AoC) Reformasi Birokrasi Kementerian Kesehatan Tahun 2018

Pertemuan Peningkatan Kapasitas Asesor dan Agent of Change (AoC)  Reformasi Birokrasi Kementerian Kesehatan Tahun 2018

Jakarta, Rabu, 30/5, Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI dalam perannya untuk mewujudkan pemerintahan yang menerapkan prinsip good governance melakukan pertemuan peningkatan kapasitas asesor dan Agent of Change (AoC). Pertemuan diadakan di ruang rapat pimpinan, Kementerian Kesehatan, gedung Adyatma Lantai 2. Acara dibuka langsung oleh, Oscar Primadi, Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan dan dihadiri oleh Perwakilan dari para Asesor dan AoC Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Kesehatan telah dilakukan sejak tahun 2012, dan telah dilakukan penilaian melalui Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) secara berkesinambungan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB). Kemenkes telah menjalankan pelaksanaan Reformasi Birokrasi sesuai dengan Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Kesehatan 2011-2014 dalam 8 (delapan) area perubahan. Saat ini pelaksanaan Reformasi Birokrasi dilaksanakan sesuai dengan Road Map RB Kementerian Kesehatan 2015 – 2019.

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas asesor dan agen perubahan dalam melakukan penilaian RB Kementerian Kesehatan tahun 2018 – 2019. Diharapkan dengan meningkatnya kapasitas dan kualitas dari asesor dan agen perubahan maka pelaksanaan RB di Kemenkes akan lebih baik. Reformasi Birokrasi yang baik di Kementerian Kesehatan akan menghasilkan birokrasi pemerintahan yang profesional, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik, serta berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

Pertemuan berlangsung selama dua hari dari tanggal 30 hingga 31 Mei 2018 dengan agenda hari pertama adalah paparan dari para pakar dan  agenda hari kedua adalah melakukan bedah Lembar Kerja Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). Para pakar yang berbicara dalam pertemuan tersebut adalah Inspektur III Itjen Kemenkes, Heri Radison, Kepala Biro Hukum dan Koordinasi Kemenkes, sundoyo, asisten deputi bidang pengawasan masyarakat aparatur MENPAN RB, Agus Uji Hantara, dan pakar bidang integritas, Asep Chaeruloh.

Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal menegaskan bahwa diperlukan komitmen yang sungguh – sungguh  dan perubahan budaya yang signifikan dari semua pihak yang terlibat di lingkungan Kementerian Kesehatan, agar upaya perubahan untuk mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja birokrasi berhasil sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Inspektur Jenderal juga memberikan apresiasi akan kenaikan nilai RB Kemenkes tahun 2017 dengan skor 76.80 dari tahun 2016 dengan nilai 74.97 dan juga berharap bahwa pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Kesehatan dilakukan dengan lebih serius sehingga akan tercapai pemerintahan yang lebih baik.

 

(Kontributor: DR, AAB)

 

Share this Post: