Berita Itjen

Puncak Peringatan HKN 2018 : Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita

Puncak Peringatan HKN 2018 : Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita

Jakarta (18/11) Kementerian Kesehatan menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 di Parkir Timur Senayan yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) dan dihadiri pula oleh para pejabat Eselon I di Kementerian Kesehatan seperti Sekretaris Jenderal, Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, dan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Acara dibuka oleh Menkes. Beliau menuturkan "Indonesia tidak akan menjadi bangsa yang kuat jika rakyatnya tidak sehat. Kita harus perkuat negara kita dengan hidup sehat. Beri tahu dan ingatkan keluarga, teman, saudara dan kerabat agar senantiasa hidup sehat. Beri makan anak-anak kita makanan yang baik dan sehat agar anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas". Menkes juga mengharapkan agar kesehatan dapat disadari sebagai kebutuhan dasar yang perlu diperhatikan setiap orang.

HKN ke-54 tahun 2018 mengangkat tema "Aku Cinta Sehat" dengan subtema Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita. Acara diawali dengan jalan sehat bersama para pejabat Kemenkes, dilanjutkan dengan senam bersama Menkes, lalu dilanjutkan lagi dengan pemotongan tumpeng oleh Menkes yang menandai perayaan puncak acara HKN ke-54 dimulai.

Selain itu, ada pula talkshow "Isi Piringku". Kemenkes terus berupaya memberikan pemahaman terkait gizi kepada masyarakat pada setiap kesempatan, salah satunya melalui talkshow "Isi Piringku". Sehat berawal dari "isi piringku". Zat-zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi membawa pengaruh terhadap sistem tubuh kita. Maka dapat dikatakan bahwa pola asupan makanan menentukan status kesehatan seseorang.

Selain talkshow, masyarakat juga diberi pemahaman gizi melalui demo masak bertema “Isi Piringku” dengan mendatangkan bintang tamu Chef Degan. Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan festival gizi seimbang dan festival kuliner. Melalui puncak HKN ini diharapkan pemahaman masyarakat akan kesehatan bisa bertambah dan kualitas kesehatan warga Indonesia menjadi semakin baik.

Acara juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) “makan bersama sesuai Isi Piringku” kepada Kementerian Kesehatan yang diberikan langsung oleh Jaya Suprana. CEO dan Penggagas MURI tersebut mengapresiasi perjuangan Menkes dalam meningkatkan kesehatan warga Indonesia. Penghargaan rekor MURI tersebut didapat karena Kemenkes RI berhasil mengajak 3.284 warga Jakarta dan sekitarnya untuk beramai-ramai menyantap makanan sesuai porsi Isi Piringku. Ini adalah penghormatan penghargaan MURI yang ke sekian kalinya kepada Menkes atas perjuangannya dalam meningkatkan kesehatan warga Indonesia.

Menkes berharap acara makan bersama yang diikuti ribuan orang itu bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang porsi makan ideal. Melalui kampanye Isi Piringku, Kemenkes mengajurkan pola makan yang terdiri dari karbohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring, protein dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring, sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring, dan buah-buahan dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring.

Untuk memeriahkan acara, Komunitas Fotografer Kesehatan (KFK) juga mengadakan lomba foto on the spot. Acara terbuka bagi masyarakat umum yang menghadiri acara puncak HKN ke-54 di Parkir Timur Senayan tersebut dan pemenangnya diumumkan hari itu juga. Acara juga diisi dengan berbagai hiburan dengan bintang tamu para artis seperti Olga Lidya, Hilbram Dunar, Sogi Indra Dhuaja, Ikke Nurjanah, dan Mocca Band.

(LG, LY)

 

Share this Post: