Berita Itjen

Rapat Kerja Pengawasan 2019: Hadapi Periode RPJMN Tahun 2020 – 2024, Itjen Kemenkes melakukan Penguatan Tata Kelola Pengawasan Intern dalam mendukung pembangunan kesehatan.

Rapat Kerja Pengawasan 2019: Hadapi Periode RPJMN Tahun 2020 – 2024, Itjen Kemenkes melakukan Penguatan Tata Kelola Pengawasan Intern dalam mendukung pembangunan kesehatan.

Yogyakarta (26 Feb 2019), Dalam rangka  mendukung mendukung Pembangunan Kesehatan menyongsong periode RPJMN 2020 – 2024, maka pada tanggal 26 Februari – 1 Maret 2019 bertempat di Hotel Santika Yogyakarta, Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) tahun 2019. Pada kegiatan kali ini mengambil tema “Penguatan Tata Kelola Pengawasan Intern dalam mendukung Pembangunan Kesehatan menyongsong periode RPJMN 2020 – 2024”. Kegiatan Rakerwas tahun 2019 ini dihadiri oleh seluruh jajaran eselon II, eselon III, eselon IV, perwakilan auditor, dan staf di lingkungan Inspektorat Jenderal serta beberapa perwakilan satuan kerja vertikal Kementerian Kesehatan yang berada di Yogyakarta. Jumlah peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 150 peserta, sebanyak 113 peserta berasal dari lingkungan Inspektorat Jenderal dan sebanyak 37 peserta berasal dari Satker Kemenkes terpilih di Provinsi Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan tersebut diisi dengan berbagai diskusi panel dan diskusi kelompok yang dihadiri oleh narasumber dari Kementerian Keuangan, BPKP, dan dari Internal Kementerian Kesehatan.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan Rakerwas 2019 adalah dihasilkannya beberapa rumusan Adapun rumusan yang dihasilkan adalah (1) Dihasilkannya rumusan Kebijakan Tata Kelola Pengawasan Intern di Lingkungan Kementerian Kesehatan,(2) Dihasilkannya rumusan Rancangan Strategis Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan Periode Tahun 2020-2024, (3) Dihasilkannya rumusan Implementasi Penanganan Benturan Kepentingan di lingkungan Kementerian Kesehatan, (4) Dihasilkannya rumusan Implementasi Manajemen Risiko di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Mengawali kegiatan Rakerwas 2019, dalam sambutannya Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Murti Utami, MPH menekankan bahwa “Inspektorat Jenderal mendukung pembangunan kesehatan yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) saat ini memiliki peran memiliki strategis dalam pelaksanaan pengawasan  intern. Apip diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada program/kegiatan satuan kerja”

Selanjutnya, Kegiatan Rakerwas yang dilaksanakan saat ini merupakan media untuk merumuskan Perencanaan Strategis Inspektorat Jenderal Kementerian melalui Tata Kelola Pengawasan Intern di Kementerian Kesehatan. Inspektorat Jenderal perlu menyiapkan diri dalam memperkuat Tata Kelola Pengawasan Intern yang lebih baik.

 

Melanjutkan ke giatan, sebagai bahan diskusi pada kegiatan Rakerwas 2019 Kepala Biro Perencanaan Anggaran Drs. Bayu Teja Muliawan, Apt., M.Pharm, MM memaparkan mengenai Draft Kebijakan Perencanaan Dan Penganggaran Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024.  Dalam paparannya, Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran menyampaikan bahwa “Perencanaan anggaran tahun 2020 yang nantinya akan tertuang dalam Rencana Kerja Kementerian Kesehatan, harus mengacu pada Renstra 2020-2024 dan RKP 2020. RKP 2020 disusun berdasarkan RPJMN 2020-2024, dan Renstra disusun mengacu pada RPJMN 2020-2024. Penyusunan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga (Renstra-KL) dimulai dari kajian pendahuluan dengan mengevaluasi capaian Renstra sebelumnya dan masukan dari berbagai stakeholders (pakar, akademisi, lintas sektor dan sebagainya, baik pusat dan daerah) .”

Dalam sesi tanya jawab terdapat beberapa pertanyaan dan masukan dari para peserta Rakerwas diantaranya:

  1. Inspektorat Jenderal harus mulai berperan dalam Audit analitik sebelum periode Renstra 2020 -2024 dimulai, agar terdapat keselarasan dalam menyusun program.
  2. Inspektorat Jenderal diharapkan bisa melakukan pembinaan jarak jauh (Teleconference).

Selanjutnya, kegiatan Rakerwas akan dilanjutkan dengan berbagai diskusi panel dan diskusi kelompok untuk merumuskan Perencanaan Strategis Inspektorat Jenderal Kementerian melalui Tata Kelola Pengawasan Intern di Kementerian Kesehatan. (HA)

Share this Post: