Berita Itjen

RAPAT REKONSILIASI PEMUTAKHIRAN DATA TINDAK LANJUT HASIL PENGAWASAN ITJEN, BPKP DAN BPKP RI TAHUN 2019

RAPAT REKONSILIASI PEMUTAKHIRAN DATA TINDAK LANJUT HASIL PENGAWASAN ITJEN, BPKP DAN BPKP RI TAHUN 2019

Pada Selasa malam tanggal 18 Juni 2019 kegiatan Rapat Rekonsiliasi Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Inspektorat Jenderal, BPKP, dan BPK RI Tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Bintaro. Kegiatan ini didahului dengan laporan Ketua Panitia dari Sekretaris Inspektorat Jenderal dan dilanjutkan dengan sambutan selamat datang dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Pelaksanaan Rapat Rekonsiliasi ini berlangsung selama 4 hari hingga Jumat 21 Juni 2019.

Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan membuka pelaksanaan kegiatan tersebut dan kemudian Sekretaris Jenderal memberikan arahannya mengenai Peranan Tim Penyelesaian Negara dalam Penyelesaian Kerugian Negara di Lingkungan Kementerian Kesehatan. Kemudian Inspektur Jenderal, Murti Utami, memberikan pengarahan mengenai Kebijakan Itjen Kemenkes dalam Penyelesaian Tindak Lanjut Laporan Hasil Pengawasan Itjen. “Pimpinan sasaran pengawasan harus menindaklanjuti rekomendasi hasil pengawasan intern dan menyampaikan penyelesaian atas tindaklanjut rekomendasi hasil pengawasan intern kepada Itjen”, kata beliau dalam pengarahannya.

  

Pelaksanaan kegiatan ini juga didukung oleh perwakilan dari BPKP dan BPK RI baik dalam pengarahannya maupun saat pelaksaan kegiatan tindaklanjut. Perwakilan dari BPKP dihadiri oleh Bapak Sumitro, Direktur Pengawasan Bidang Sosial dan Penanganan Bencana, Deputi Polhukam dan PMK BPKP. Beliau menyampaikan arahan mengenai Peranan SPIP dan APIP, Strategi Mempertahankan Opini WTP, serta Temuan Pemeriksaan yang Tidak Dapat Ditindaklanjuti (TPTD). Selain itu perwakilan dari BPK RI, Bapak Arief Fadillah, Kepala Subauditorat VI.A.1 Auditorat Utama Keuangan Negara VI, memberikan pengarahan mengenai Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK di Kemenkes.

Tidak hanya sampai disitu, Sekretaris Inspektorat Jenderal, Inspektur I, Inspektur II, Auditor Madya Inspektorat III sebagai perwakilan dari Inspektur III, Plh Inspektur IV, dan Inspektur Investigasi juga masing-masing memberikan informasi terkait hasil pengawasan yang ditindaklanjuti, baik prosesnya maupun progresnya kepada satuan kerja yang menghadiri kegiatan. Sebelum pelaksanaan rekonsiliasi, perwakilan dari 4 (empat) satuan kerja mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi terkait tindak lanjut hasil pengawasan melalui proses tanya jawab dengan para panelis yang menjadi pembicara.

Pelaksanaan pemutakhiran data tindak lanjut hasil pengawasan ini ditutup melalui proses rekonsiliasi antara tim auditor Itjen, BPK RI, BPKP RI, dan satuan kerja dalam rangka percepatan Tindak Lanjut  hasil pengawasan berdasarkan rekomendasi dari para auditor (GT, HA).

 

Share this Post: