Berita Itjen

Reviu Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan

Reviu Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan

Berdasarkan Perpres No 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Pada Pasal 3 PP No.29 Tahun 2014 disebutkan bahwa penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan oleh entitas Kementerian/Lembaga secara berjenjang, mulai dari tingkat satuan kerja hingga tingkat Kementerian/Lembaga. Selanjutnya, dalam Pasal 5 dijelaskan penyelenggaraan SAKIP meliputi: 1. Rencana Strategis; 2. Perjanjian Kinerja; 3. Pengukuran Kinerja; 4. Pengelolaan data kinerja; 5. Pelaporan Kinerja; dan 6. Reviu dan evaluasi kinerja.

Pelaksanaan SAKIP di lingkungan Kementerian Kesehatan bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dan memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan, dan keabsahan data/informasi kinerja instansi pemerintah sehingga dapat menghasilkan laporan kinerja yang berkualitas.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, pelaksanaan reviu atas Laporan Kinerja Kementerian/Lembaga dilakukan oleh oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat Jenderal.

Pelaksanaan Evaluasi atas lmplementasi SAKIP Tahun 2020 pada Entitas Unit Organisasi dan Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Kesehatan dilakukan secara daring/online dari tanggal 29 Maret hingga 5 April 2021. (AAB)

Share this Post: