Berita Itjen

Round Table Discussion: Penerapan Anti Bribery di Sektor Publik

Round Table Discussion: Penerapan Anti Bribery di Sektor Publik

Jakarta (27/08) Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Indonesia Professional in Audit and Control Association (IPACA) baru saja melaksanakan Round Table Discussion mengenai Penerapan Anti Bribery di Sektor Publik. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan pada tanggal 27 Agustus 2019 dan dihadiri oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dari berbagai instansi baik dari dalam Kementerian Kesehatan maupun dari luar, antara lain BKPM, PT Federal International Finance, Kimia Farma, MPM, PT Asuransi Candi Utama, PT Bess Central Insurance, PT Blem Tbk, PT Bosowa Asuransi, PT Hutama Karya (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, PT Jakarta Propertindo (Perseroda), PT JBBODA VIVA Indonesia Reinsurance Brokers, PT JICT, PT MNC Finance, PT NEC Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Samudera Tbk, PT SUCOFINDO (Persero), PT Tugu Reasuransi Indonesia, PT Widya Dharma Artha, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Asuransi Umum Videi, TASPEN, WASKITA, PT ETI, Universitas Pancasila, dan Medco Energy.

Kegiatan Round Table ini dibuka oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal. Beliau menyampaikan bahwa Inspektur Jenderal berharap pertemuan hari ini tidaklah sekedar sharing keilmuan tetapi memberikan suatu perbaikan nyata melalui tindak lanjut yang dapat dirasakan manfaatnya oleh auditi. Kegiatan diskusi ini menghadirkan pembicara-pembicara seperti:

  1. Radito Risangadi (Senior Associate) membahas tentang Anti Suap Berbasis Risiko;
  2. Achmad Suryaman (Auditor Muda Kemenkes) membahas tentang Implementasi Anti Korupsi di Kementerian Kesehatan;
  3. Aditya Widyapermana (Ethics & Compliance Specialist SKK Migas) membahas tentang Journey to ISO37001 Anti Bribery Management System Implementation and Certification;
  4. Ratna Januarita (Senior Lecturer UIB) membahas tentang Implementasi Anti Korupsi di Indonesia dalam Perspektif Hukum dan GRC; dan
  5. Stefanus (EY Forensics) membahas tentang The Integrity Agenda.

 

Sebelum kegiatan ditutup, Sekretaris Jenderal dari IPACA memberikan pengetahuan mengenai IPACA yang merupakan asosiasi yang menjalankan kegiatan terkait audit dan kontrolnya. IPACA sendiri memiliki visi dan misi yang bertujuan untuk menyusun standar-standar yang akan dikeluarkan oleh anggota mereka, dan kedepannya bisa menjadi rujukan nasional” (GT)

Share this Post: