Berita Itjen

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat... Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat... Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19

Kamis (12/11) Kementerian Kesehatan mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 yang diselenggarakan di Auditorium Siwabessy Gedung Prof. Dr. Sujudi Kementerian Kesehatan dan juga secara virtual melalui aplikasi zoom dengan diikuti oleh seluruh pegawai pusat dan juga  perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi serta Kabupaten/Kota.

  

Upacara dipimpin oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, pembacaan teks Pancasila oleh Sekretaris Jenderal Oscar Primadi, dan Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Murti Utami bertindak sebagai pembaca teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dengan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”. Tema tersebut sejalan dengan situasi pandemi Covid-19 yang memacu kita untuk berubah di setiap aspek kehidupan. Dalam situasi pandemi, masyarakat diharapkan tetap produktif, namun tetap aman dari Covid-19. Oleh karena itu, adaptasi kebiasaan baru dengan cara menerapkan protokol kesehatan merupakan hal yang wajib dan tidak bisa ditawar lagi.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyebutkan bahwa pemerintah saat ini terus berupaya menangani pandemi Covid-19 dengan dukungan dan peran serta stakeholder serta masyarakat. “Berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk prevent, detect, dan response agar jumlah kasus menurun, kesembuhan meningkat dan kematian dapat dicegah”, ujar Menkes. Upaya penting berkaitan dengan hal tersebut adalah penerapan protokol kesehatan melalui penggunaan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dengan makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, dan pengelolaan stres.

Selain penanganan pandemi Covid-19, isu kesehatan strategis lainnya yang dihadapi bangsa Indonesia adalah masalah stunting atau anak kerdil. Stunting dalam jangka panjang akan berdampak pada kondisi ekonomi negara yang menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak. “Untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, perlu adanya inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi seluruh pemangku kebijakan”, ujar Menkes.

Pada akhir sambutannya, Menkes menyampaikan penghargaan dan penghormatan kepada para insan kesehatan di seluruh penjuru negeri yang telah bahu membahu berjuang tanpa kenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan. Penghormatan setinggi-tingginya juga disampaikan Menkes kepada para pahlawan kesehatan baik tenaga kesehatan maupun non kesehatan yang telah gugur dalam upaya menyehatkan masyarakat Indonesia. Menkes berharap semoga semangat mereka dapat menginspirasi kita untuk terus berjuang, khususnya dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini. (LY)

Share this Post: