Berita Itjen

Selamat Kemenkes Kembali Semat Opini WTP yang Ke-7

Selamat Kemenkes Kembali Semat Opini WTP yang Ke-7

Tercatat sudah sebanyak 7 kali berturut, dari Tahun Anggaran 2013 - 2019 Kemenkes meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan yang telah melalui tahap pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan diberikan secara langsung oleh Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Azis kepada Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, di Gedung BPK pada Selasa (21/7)

“BPK mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam mempertahankan opini WTP selama 7 tahun berturut-turut. Apresiasi juga kami berikan kepada Badan POM yang telah memperoleh WTP selama 6 tahun berturut-turut,” ujar Anggota VI BPK..

Menurut penjelasan Anggota VI bahwa pemberian opini WTP dilakukan setelah melalui proses reviu berjenjang dan menyeluruh atas Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan dari masing-masing Kementerian/Lembaga.

Pada kesempatan yang sama Menkes mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih oleh Kemenkes RI, karena proses penyusunan laporan keuangan pada tahun ini nampak berbeda. Dimana kondisi dunia termasuk Indonesia tengah dihadapkan dengan pandemi COVID-19, penyusunan laporan lebih banyak dilaksanakan melalui daring, untuk itu ia mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja secara optimal untuk menghasilkan laporan keuangan yang tepat waktu dan berkualitas.

Dengan perolehan Opini WTP tersebut, maka Kementerian Kesehatan telah menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dengan memperhatikan kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan serta efektivitas pengendalian intern, sehingga proses pertanggungjawaban bisa dilaksanakan secara akuntabel dan transparan.

Lebih lanjut, mengenai hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Hasil Keuangan Tahun Anggaran 2019, Menkes menuturkan siap menindaklanjutinya secara tertulis sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan.

“Atas permasalahan tersebut Kementerian Kesehatan telah melakukan upaya untuk menyelesaikannya. Terhadap temuan dan rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan Tahun 2019 kami akan segera menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Pencapaian tersebut tentunya menjadi kabar gembira juga bagi seluruh elemen Kemenkes terkhusus Inspektorat Jenderal karena, perjuangan dalam mendampingi satuan kerja yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang baik bagi Kemenkes. Serta diharapkan dengan penyematan opini WTP ini mampu memberikan semangat kerja bagi insan di lingkungan Kemenkes di tengah pandemi COVID-19. (JP)

(sumber: Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes)

Share this Post: