Berita Itjen

Serah Terima Jabatan Menkes, ini harapan dr. Nila kepada dr. Terawan

Serah Terima Jabatan Menkes, ini harapan dr. Nila kepada dr. Terawan

Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) periode 2014-2019 dr. Nila F. Moeloek mengucapkan selamat atas pelantikan dr. Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Pada acara serah terima jabatan yang berlangsung pada Kamis (24/10), dr. Nila berpesan kepada dr. Terawan agar melanjutkan dan menyempurnakan pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Dalam pembangunan kesehatan masih banyak yang harus disempurnakan lagi. Tolong lanjutkan estafet pembangunan kesehatan ini menuju SDM unggul sesuai dengan harapan Bapak Presiden Joko Widodo,” kata dr. Nila.

Pada era kepemimpinan dr. Nila, Kemenkes telah banyak melakukan capaian di bidang kesehatan, yaitu Program Nusantara Sehat (NS), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK), Penurunan prevalensi stunting dari 30,8% tahun 2018 (hasil Riskesdas 2018) menjadi 27,67% tahun 2019.

Di kesempatan lainnya dr. Nila menambahkan banyak pencapaian lainnya yang telah diraih Kemenkes, di samping itu pula banyak celah-celah yang harus disempurnakan. Ia berharap di bawah kepemimpinan dr. Terawan celah-celah tersebut bisa diperbaiki.

Tidak lupa, dr. Nila  mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi atas kerja keras, yang telah bekerja sama, bersinergi, dan bekerja sesuai mekanisme serta aturan berlaku, serta dedikasi pegawai Kemenkes selama beliau menjabat sebagai Menteri Kesehatan.  

Selaku Menkes yang baru, dr. Terawan memberikan apresiasi atas berbagai program di Kemenkes dalam kepemimpinan Nila F Moeloek yang menurutnya bagus dan harus terus dilanjutkan, seperti Nusantara Sehat yang merupakan sebuah terobosan dalam pendistribusian Tenaga Kesehatan.

Serah terima jabatan dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan buku memori jabatan dari dr. Nila kepada dr. Terawan. Ini merupakan penyerahan tugas dan jabatan untuk dilanjutkan dr. Terawan sebagai menteri kesehatan. (HA)

doc photo (rokomyanmas)

Share this Post: