Berita Itjen

Sinergi dan Kolaborasi Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan, ICW dan USAID-CEGAH dalam Pencegahan Fraud JKN

Sinergi dan Kolaborasi Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan, ICW dan USAID-CEGAH dalam Pencegahan Fraud JKN

Jakarta, pada tanggal 21 Maret 2018 bertempat di ruang rapat lantai 2 Gedung Adyatma, Kementerian Kesehatan dilakukan pertemuan antara Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI dengan Indonesian Corruption Watch (ICW) dan USAID.  Acara dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan (drg. Oscar Primadi, MPH) dan dihadiri oleh Perwakilan dari ICW (Febri Hendri dari Divisi Investigasi), USAID, pimpinan struktural Inspektorat Jenderal yaitu Sekretaris Inspektorat Jenderal (Heru Arnowo, SH, MM), Inspektur I (Edward Harefa, SE, MM), dan pejabat eselon III dan IV dilingkungan Inspektorat Jenderal.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah merupakan bentuk tindak lanjut dari pertemuan ICW pada tahun 2017 dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan yang membahas peran ICW dalam membantu pencegahan korupsi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Terdapat 3 poin penting yang menjadi perhatian ICW dalam program Kementerian Kesehatan yaitu, pengadaan obat dalam program JKN, Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan dan pengadaan alat kesehatan. Pertemuan juga membicarakan hal – hal yang telah menjadi rekomendasi dari Pertemuan antara ICW dengan Sekretaris Jenderal Kemenkes yaitu perlu adanya sinergi dalam hal pendataan peserta PBI, Fraud yang terjadi dalam penyelenggaraan JKN dan pengawasan distribusi obat.

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan itu adalah menyangkut bentuk kerjasama yang akan dilakukan menyangkut akses data dan informasi, pendanaan, dan standar output yang diharapkan. Didalam pertemuan tersebut Inspektur Jenderal juga menyampaikan pemberian dukungan terhadap bentuk sinergi dan koordinasi yang dilakukan antara ICW dan Itjen Kemenkes. Inspektur Jenderal juga menyampaikan agar kesempatan kerjasama ini juga dapat memberikan kemajuan bagi Inspektorat Jenderal khususnya Kementerian Kesehatan dalam program Pencegahan Korupsi.

Kedepannya Inspektorat Jenderal dan ICW juga berharap dapat melakukan kolaborasi kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri demi memperluas cakupan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan, sehingga akan dapat meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia.

 (Kontributor DR)

Share this Post: