Berita Itjen

Skype Call dalam Rangka Mengawali Pendampingan Audit Kinerja dari USAID CEGAH untuk Itjen Kemenkes

Skype Call dalam Rangka Mengawali Pendampingan Audit Kinerja dari  USAID CEGAH untuk Itjen Kemenkes

15/5, Bertempat di Ruang Situasi Gedung Adhyatma Lantai II, Kementerian Kesehatan, jajaran pimpinan Inspektorat Jenderal dan USAID CEGAH melakukan diskusi dan koordinasi melalui Skype Call dengan pakar / konsultan di bidang audit kinerja, yaitu Judy England dan Joseph Kristoff dari Amerika Serikat.

 

Amanat Menteri Kesehatan pada Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2018 bahwa program-program prioritas Kemenkes meliputi Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi, Penurunan Stunting, dan Percepatan Eliminasi Tuberculosis. Sesuai dengan tugas Inspektorat Jenderal untuk menyelenggarakan Pengawasan Intern di Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, maka Itjen berperan untuk mengawal program-program tersebut agar berjalan dengan baik.

USAID CEGAH telah berkomitmen untuk membantu pelaksanaan audit kinerja di Itjen Kemenkes. Pada bulan Mei tahun lalu, USAID CEGAH telah mengadakan pelatihan audit kinerja terhadap beberapa auditor di lingkungan Inspektorat Jenderal. Sebagai tindak lanjut atas pelatihan tersebut, USAID CEGAH akan mengadakan Technical Assistance Audit Kinerja Inspektorat Jenderal terhadap program-program prioritas Kementerian Kesehatan yang meliputi 3 (tiga) program prioritas Kemenkes sesuai Rakerkesnas 2018, ditambah 2 (dua) program prioritas yang sudah berjalan dari tahun sebelumnya, yaitu:

  • Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi
  • Penurunan Stunting
  • Percepatan Eliminasi Tuberculosis
  • Nusantara Sehat
  • Jaminan Kesehatan Nasional

 

Untuk membahas lebih lanjut tentang Technical Assistance tersebut, maka diadakanlah Skype Call dengan jajaran pimpinan di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenkes tersebut.

Adapun peserta Skype Call tersebut adalah Inspektur Jenderal, Sekretaris Itjen, para Inspektur, para pejabat struktural terkait, perwakilan Dalnis, perwakilan auditor yang terlibat dalam pembuatan pedoman audit kinerja, serta Tim dari USAID CEGAH (CEO, Project Officer, dan penterjemah bahasa).

 

Sebelum memulai Skype Call dengan Judy England dan Joseph Kristoff, Inspektur Jenderal, drg. Oscar Primadi, MPH menyampaikan harapannya agar diskusi ini dapat menggali hal-hal terkait audit kinerja yang perlu pendampingan dari sisi konten, pengalaman, dan persiapannya. Sedangkan Chief of Party USAID CEGAH, Juhani Grossmann, menjelaskan maksud dan tujuan dari Skype Call ini, sebagai berikut:

  • Diskusi awal persiapan dukungan USAID CEGAH untuk pelaksanaan audit kinerja dan piloting di Itjen Kemenkes.
  • Perkenalan antara tim ahli USAID CEGAH dengan Itjen Kemenkes berkaitan dengan pelaksanaan audit kinerja.

 

 

Kegiatan Technical Assistance Audit Kinerja Inspektorat Jenderal rencananya akan diselenggarakan dalam bentuk Workshop mulai pada tanggal 22-24 Mei 2018. Dalam kegiatan tersebut, akan dilakukan pendampingan audit kinerja dari USAID terhadap APIP Itjen Kemenkes untuk program-program prioritas di atas. Selanjutnya dilaksanakan sesi pendalaman materi/coaching pada tanggal 28-31 Maret 2018. Melalui serangkaian pendampingan audit kinerja ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil audit Itjen Kemenkes, sehingga program – program prioritas Kementerian Kesehatan dapat mencapai target sasarannya.

 

Kontributor: RSF, JP

 

 

 

 

Share this Post: