Berita Itjen

Sosialisai Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran 2021 di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan

Sosialisai Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran 2021 di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan

Jakarta (16/9) Inspektorat Jenderal mengadakan Sosialisasi Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran 2021 secara virtual melalui aplikasi zoom yang dipimpin oleh Kepala Bagian Program dan Informasi Sekretariat Inspektorat Jenderal, Rudi Supriatna Nata Saputra, S.Kp, M.Kep, QRMA dengan narasumber tim dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Peserta sosialisasi adalah perwakilan dari masing-masing Inspektorat dan Bagian di Lingkungan Itjen Kemenkes.

  

SBM Tahun 2021 diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI 119/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021 yang mengatur bagaimana SBM dikaitkan dengan struktur penganggaran. Seluruh Kementerian/Lembaga wajib menggunakan SBM dalam penyusunan RKA-KL. Kesesuaian dan kebenaran atas penggunaan SBM sepenuhnya menjadi tanggung jawab PA/KPA, dan APIP wajib melakukan pengawasan serta melaporkan kepada menteri/pimpinan lembaga dengan tembusan kepada Menteri Keuangan secara berkala. Sedangkan pengawasan atas penggunaan SBM dilakukan oleh aparat pengawasan fungsional K/L masing-masing.

  

Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021 adalah satuan biaya berupa harga satuan, tarif, dan indeks yang ditetapkan untuk menghasilkan biaya komponen keluaran dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran kementerian negara/lembaga Tahun Anggaran 2021. Dalam SBM 2021 terdapat 3 (tiga) kebijakan yaitu kebijakan efisiensi, kebijakan new normal, dan penyempurnaan norma. (LY)

Share this Post: