Berita Itjen

Tahun Keempat LKPP Raih Predikat WTP

Tahun Keempat LKPP Raih Predikat WTP

Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) adalah laporan pertanggung-jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang terdiri dari Laporan realisasi anggaran, Neraca, Laporan arus kas dan Catatan atas laporan keuangan yang disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah, yang nantinya akan dilakukan pemeriksaaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk memperoleh opini.

Kementerian Kesehatan RI menjadi salah satu K/L yang menyumbangkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2019, yang telah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuanga (BPK) RI. Sejak tahun 2013 – 2019 Kemenkes telah berhasil memperoleh predikat WTP terhadap Laporan Keuangan Instansi. Ini semua tentunya tidak lepas atas dukungan dari satuan kemenkes dalam menyiapkan laporan keuangan di unit masing-masing.

Menteri Keuangan melalui surat nomor S-566/MK.05/2020 memberikan Apresiasi kepada seluruh 84 K/L yang telah mendapatkan opini dari BPK RI.

Tercatat sudah sebanyak 4 tahun berturut-turut LKPP memperoleh opini WTP atas Laporan Hasil Pemeriksa (LHP) BPK RI. Pada tahun ini LKPP disusun dengan mengkonsolidasikan  Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dari 87 (delapan puluh tujuh) K/L dan  Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN).

Tercatat sebanyak 84 (delapan puluh empat) LKKL memperoleh opini WTP, 2 (dua) K/L memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan 1 (satu) memperoleh opini Tidak Menyampaikan Pendapat (TMP). Pencapaian atas opini WTP sejak tahun yang berurut 2016 ini merupakan pencapaian tertinggi sejak LKKL diperiksa oleh BPK mulai tahun 2016.

Keberhasilan atas opini WTP pada tahun ke-4 ini dapat dicapai atas kerja sama dan kontribiusi dari semua K/L, yang mampu menyajikan laporan keuangan masing-masing instasi secara berkualitas dan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. (ilustrasi by google) (JP) 

Share this Post: